Banteng, Celeng dan Bebek di Internal PDIP

  • Whatsapp
(foto google)

TNews, NASIONAL – Internal PDI Perjuangan (PDIP) bergejolak karena dukungan pencapresan untuk Ganjar Pranowo terus mengalir. Suasana semakin panas karena munculnya celeng dan bebek di dalam partai banteng.

Kemunculan celeng dan bebek berawal dari pernyataan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) Bambang Wuryanto. Bambang Wuryanto menyebut kader PDIP pendukung Ganjar bukan banteng, melainkan celeng.

Bacaan Lainnya

“Adagium di PDIP itu, yang di luar barisan bukan banteng, itu namanya celeng. Jadi, apapun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan ya celeng,” kata Bambang saat dijumpai di Sukoharjo, Sabtu (9/10/2021).

Elite PDIP yang juga dikenal dengan nama Bambang Pacul itu tidak masalah jika pernyataan tentang para pendukung Ganjar itu dianggap ‘keras’. Bambang Pacul menegaskan bahwa urusan capres dan cawapres 2024 berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Keras sekali kau Pacul, ya memang begini. Itu untuk menunjukkan garis yang benar. Di Kongres V itu jelas capres cawapres di tangan ketua umum,” terang Bambang Pacul.

Bambang Pacul Disebut Lahirkan Kader Bermental Bebek

Kader yang berani terang-terangan mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar adalah Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo dan sejumlah pengurus lainnya. Sumbogo jengah karena disebut celeng oleh Bambang Pacul.

Sumbogo tak ragu untuk membalas Bambang Pacul yang notabenenya adalah pimpinannya. Dia menyebut kepemimpinan Bambang Pacul di Jateng melahirkan kader PDIP bermental bebek.

“Di bawah tekanan kepemimpinan beliau (Bambang Wuryanto) lahirlah kader-kader dengan mental babu, bebek dan beo,” kata Sumbogo saat dihubungi detikcom, Minggu (10/10).

Sumbogo menyebut Bambang Pacul tak hanya kali in saja mengatakan seperti celeng itu. Alih-alih merapatkan barisan, tapi, menurut Sumbogo, sikap Bambang Pacul justru memunculkan analogi militeristik.

“Ini bukan yang pertama beliau mengatakan hal tersebut, terutama dalam rangka merapatkan barisannya, supaya tidak seorang pun dari kader PDIP berani berbeda pendapat dan tetap tunduk pada otoritas ‘diktator Pacul’, dengan analogi bahwa barisan kader ini militeristik sifatnya,” ujar Sumbogo.

Sumbogo merupakan Ketua DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo. DPC SGI Purworejo dideklarasikan pada 25 September 2021. Kelompok relawan tersebut siap mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

 

Sumber : detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.