Berdayakan Masyarakat Melalui Expose Exotic, Kapanewon Kalasan Gelar Pameran dan Potensi UMKM

0
197

TNews, YOGYAKARTA – Kapanewon Kalasan menggelar Expose Exotic Kalasan 2023 pada hari Jumat (19/5/2023) di halaman Kapanewon.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk ketiga kalinya ini dimeriahkan dengan pameran atau gelar potensi dari kurang lebih 36 UMKM dari total tercatat 198 ; 92 tercatat sebagai anggota forum UMKM Kapanewon dan juga forum UMKM Kalurahan, serta ada 12 stand dari Gapoktan dari 4 Kalurahan dan juga ada layanan donor darah, cek kesehatan gratis, layanan BPOM, PLUT, fashion show serta stand pengolahan sampah.

Pada hari kedua juga ada Pojok Edukasi Anak milenial untuk mencintai produk-produk pertanian serta lomba MTQ. Lomba MTQ tingkat Kapanewon Kalasan ditargetkan 170 peserta, namun mengalami peningkatan menjadi hampir 225 peserta.

“Ini menunjukkan potensi masyarakat Kalasan dalam rangka untuk ikut mengimplementasikan Kalasan atau Kapanewon sebagai pusat pemberdayaan ekonomi dan pusat pengembangan budaya bisa benar-benar terwujud,” kata Panewu Kalasan, Djoko Muljanto, SP dalam sambutannya yang dihadiri Bupati Sleman dan para pimpinan instansi tingkat Kapanewon Kalasan.

“Kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sleman yang ke-107 yang mengambil tema Nyawiji lan Murakabi Sesarengan Mbangun Sleman,” tambahnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, yang membuka dan meresmikan acara ini dalam sambutannya  atas nama Kabupaten Sleman dan secara pribadi – sangat mengapresiasi acara Expose Exotic Kalasan ini.

“Hari jadi ini milik kita semua, bukan milik Kabupaten Sleman saja. Perlu kolaborasi untuk meningkatkan perekonomian, kita harus bisa ‘nyawiji’, bisa merangkul semua menjadi satu,” pungkas Kustini.

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.