Berkunjung ke Washington, Ini Agenda Jokowi

0
60
Presiden Joko Widodo (foto google)

TNews, NASIONAL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), dalam rangka kunjungan kerja. Jokowi bakal mengikuti serangkaian pertemuan pada 11-13 Mei 2022.

“Bersama kepala negara ASEAN lainnya, saya akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan ASEAN US Special Summit selama 2 hari,” kata Jokowi dalam pernyataan pers terkait keberangkatan ke Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022).

Berikut sejumlah pertemuan yang akan dihadiri Jokowi selama di AS:

  1. Pertemuan dengan anggota Kongres;
  2. Pertemuan dengan para CEOs besar Amerika;
  3. Pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika; dan
  4. Pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.

Jokowi mengatakan Indonesia saat ini menjadi koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024. Dia berharap KTT kali ini dapat berdampak positif terhadap stabilitas kawasan.

“Indonesia berharap KTT khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, bagi stabilitas dan bagi kemakmuran di kawasan,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyampaikan dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat. Jokowi mengatakan ASEAN siap mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

“Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera,” ujar Jokowi.

Jokowi dan delegasi akan kembali ke Indonesia setelah selesai pertemuan pada 13 Mei. Jokowi dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Minggu 15 Mei.

Sejumlah pejabat turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Washington DC ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.

Selain itu turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tampak melepas keberangkatan Jokowi dan delegasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

 

Sumber : detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.