Demokrat Beri Bantuan Hukum untuk Andi Mallarangeng

0
120
Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Jero Wacik
Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Jero Wacik

Totabuanews.com, Jakarta – Anggota Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Jero Wacik, menyatakan partai akan memberikan bantuan hukum terhadap Andi Mallarangeng. Politisi Demokrat itu hari ini mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga setelah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus korupsi proyek Hambalang.

“Partai akan kasih bantuan hukum dan saya pribadi akan memberikan bantuan moral,” kata Wacik di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 7 Desember 2012.

Wacik mengapresiasi langkah Andi, yang langsung mengundurkan diri dari Menteri Pemuda dan Olahraga dan pengurus partai Demokrat. Hal ini sejalan dengan sikap partai yang selalu meminta setiap kadernya berhenti dari pengurus jika telah berstatus tersangka.

“Ini belum diminta berhenti, dia sudah mengundurkan diri. Ini komitmen pak Andi, lebih baik berhenti daripada membebani kabinet,” katanya.

Wacik menegaskan status Andi tetap menjadi kader partai Demokrat walaupun yang bersangkutan juga telah mengundurkan diri sebagai pengurus. Demokrat telah menyerahkan sepenuhnya kasus yang membelit mantan juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini kepada hukum.

Menurut Wacik, proses hukum yang nanti akan membuktikan sejauh mana keterlibatan Andi Mallarangeng dalam kasus Hambalang.

Kasus hambalang, katanya, membuat Wacik berhati-hati menjalankan tugasnya sebagai Menteri ESDM. Ia mengatakan menteri sebagai pengguna anggaran tidak mungkin mengetahui semua tender yang dilakukan, karena menteri telah mendistribusikan kewenangan kepada para pejabat di bawahnya.

“Saya harus lebih hati-hati ketika membuat kebijakan kemudian ada proses di bawahnya. Menteri tidak tahu detailnya segala macam bisa kena (menjadi tersangka), bahaya juga,” katanya. (ren/viva)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.