Dispenduk Flotim Realisasi KTP Digital dan Kartu Identitas Anak

0
82
Kadis Dispenduk Flotim. Marinus Waton

TNews, FLORES TIMUR – Dinas Kependudukan (Dispenduk) Kabupaten Flores Timur (Flotim) siap melayani pembuatan e-KTP Digital dan Kartu Identitas Anak.

Kepala Dispenduk Flotim Marianus Waton menjelaskan bahwa setelah resmi launching KTP digital beberapa bulan lalu oleh Penjabat Bupati Flotim, Doris Rihi, pihak Dispenduk sudah bisa mengakses Identitas  Kependudukan Digital (IKD) melalui Handphone Android.

Selain itu juga sudah mendata anak-anak di bawah umur untuk bisa memiliki kartu identitas anak. “Sekarang ini sudah ada KTP berbentuk digital jadi bisa ke kantor Dukcapil, Staf Dinas  akan memaandu tata cara pembuatan dengan cara buka Playstore lalu menginstal aplikasi IKD, kemudian ada petunjuk untuk mendaftarkanya,” ungkap Kadis.

Lanjut Kadis, kelebihan IKD bukan hanya identitas saja, namun banyak menu dan item-item di dalamnya ada kartu keluarga, kartu yang berhubungan dengan kesehatan, kalo pegawai negeri ada kartu ASN, dan masyarakat wajib pilih.

“Itu ada kartu pemilihnya sehingga dia langsung tahu dia dari Desa mana, di TPS berapa jadi itu otomatis langsung terbaca kartu KIS dan informasi terkait Vaksin juga ada,” jelas Marianus.

Dispenduk Flotim  juga sudah mendistribusikan Kartu Identitas Anak (KIA) umur 17 Tahun kebawah. Bahkan saat ini sudah terealisasi sekitar 25.000 anak anak.

“Sekarang kita sudah komunikasikan dengan SD, SMP, SMA, untuk berkordinasi dengan Desa supaya kita bisa turun melakukan pelayanan, jadi kita berusaha supaya IKD dan KTP Elektronik ini semaksimal mungkin harus cepat terlayani dan memiliki itu semua,” jelasnya.

Sebab kata Kadis, saat ini sedang dalam persiapan menghadapi pemilu. “Jadi wajib pilih yang belum memiliki identitas itu, ada yang berbentuk KTP Elektronik ada juga yang memiliki KTP digital jadi mempermudah mereka agar tidak menghambat saat ke TPS  untuk memilih dan sebagainya,” tutupnya.

Reporter : Bram Muda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.