DPRD Gelar Paripurna Istimewa Peringati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418

0
57

TNews, KENDAL- DPRD Kendal menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 tahun 2023 di ruang rapat paripurna DPRD Kendal, Kamis (27/7/2023).

Dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kendal,  Muhammad Makmun membacakan nama-nama Bupati dan Wakil Bupati Kendal sejak periode bupati pertama tahun 1605 oleh Ky Tumenggung Bahurekso hingga periode sekarang Dico M Ganinduto yang menjabat sejak 26 Februari 2021, serta di bacakan pula nama – nama Ketua DPRD Kendal.

Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal tahun ini, Ketua Dewan mengajak seluruh masyarakat Kendal untuk meneladani semangat para pendahulu Kabupaten Kendal dengan bekerja lebih giat lagi dan berkarya dengan sepenuh hati untuk mewujudkan Kendal yang lebih baik.

Sementara Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 2022 hingga 2023 sudah banyak capaian yang di raih, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal pada tahun 2022 meningkat menjadi 5,88 persen dibandingkan tahun 2021 sebesar 3,89 persen. Tidak hanya itu tingkat kemiskinan di Kabupaten Kendal pada tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 9,48 persen dibandingkan tahun 2021 yaitu 10,93 persen.

“Perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kendal juga menunjukkan adanya peningkatan setiap tahunnya bahkan berada diatas rata-rata Provinsi Jawa Tengah dan berada diatas Nasional ,” katanya usai Rapat paripurna istimewa memperingati HUT Kendal ke 418, Kamis 27 juli 2023.

Lebih lanjut Dico menyampaikan, tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Kendal juga mengalami penurunan dari tahun 2021 sebesar 7,55 persen menjadi 7,34 persen pada tahun 2022.

Dengan penurunan TPT di Kabupaten Kendal, diharapkan kedepannya jumlah pengangguran dapat semakin berkurang, tenaga kerja bisa terserap diberbagai sektor, baik sektor formal maupun informal, termasuk sektor industri yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) maupun di luar kawasan.

“Peringatan Hari Jadi ke-418 ini akan menjadi sangat istimewa ketika para jajaran eksekutif beserta masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada mampu melakukan refleksi dan kontemplasi. Peringatan Hari Jadi tahun ini mengangkat tema ‘Sumber Daya Manusia Unggul untuk Kendal yang Competitive’,” imbuhnya.

Bupati juga menerangkan, memasuki semester ini, ada 7 dari total 12 program prioritas tahun 2023 yang sudah dan akan dilaksanakan.

Program prioritas tersebut yaitu pembangunan atau renovasi Masjid Agung Kendal, pembangunan GOR dan Youth Centre di Stadion Utama Kendal.

Ada juga pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaliwungu, pembangunan Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan, penyempurnaan gedung perpustakaan daerah, pembangunan Pasar Weleri dan rehabilitasi irigasi di Kecamatan Kaliwungu Selatan.

“Diharapkan, program prioritas tersebut dapat selesai pada akhir tahun 2023. Jika program strategis tersebut bisa diselesaikan di tahun ini, maka Kabupaten Kendal akan menjadi Kabupaten terbaik di Jawa Tengah,” terangnya.

Pemkab Kendal terus berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada, sehingga kelak mampu menjawab tantangan kedepan dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian daerah Kabupaten Kendal.

Rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi Kendal ke-418 tahun 2023 dihadiri jajaran eksukutif dan legislatif, Forkopimda serta para pimpinan OPD. Hadir pula sejumlah atlet dan siswa berprestasi baik di tingkat daerah, nasional dan bahkan internasional. Nama-nama warga Kendal berprestasi tersebut disebut satu persatu oleh Bupati Dico bersamaan dengan prestasi-prestasi yang diraih jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Kendal.

Reporter : Suly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.