DPRD Kendal Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden  RI 

0
39
Gambar : Rapat paripurna digelar (DPRD) Kabupaten Kendal untuk mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, (16/8/2023).

TNews, KENDAL – Rapat paripurna digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal untuk mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, di Ruang Paripurna DPRD Kendal, Rabu (16/8/2023).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, yang dihadiri Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, jajaran Forkompinda, jajaran Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kendal, serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN/BUMD di Kendal.

Dalam pengantarnya, Ketua DPRD Kendal menyampaikan acara merupakan rapat paripurna rutin setiap bulan Agustus untuk menyambut dan merayakan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pokok acara Sidang Tahunan MPR RI terdiri dari pembukaan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua MPR Rl, pidato pengantar Ketua MPR RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI, dan pidato pengantar Ketua DPD RI dalam rangka Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI.

Disampaikan, pertama, Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023.

Kemudian, Presiden berpidato dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Sebelum Presiden menyampaikan pidatonya, Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 terlebih dahulu dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti.

Usai mengikuti pidato kenegaraan Presiden Jokowi, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan kesempatan menjadi negara maju di era Indonesia emas sudah disampaikan ke masyarkat.

Dikatakan prinsipnya tahun 2030 dengan puncak bonus demografi merupakan hal yang penting disikapi di daerah. Hal ini agar peningkatan ekonomi secara nasional bisa tercapai.

“Kita memastikan produktifitas generasi muda meningkat. Strategi hilirisasi di daerah meningkat dengan memberikan kemudahan berinvestasi sehingga lapangan pekerjaan akan terbuka,” terangnya.

Sementara Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun menyebutkan pidato kenegaraan ini menjadi motivasi bagi Pemkab Kendal untuk bersama sama membangun daerah. “Banyak pesan yang disampaikan Presiden RI termasuk sekarang masuk tahun politik harus menjaga kondusifitas wilayah khususnya di Kabupaten Kendal. Dan juga demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Dikatakan arahan Presiden RI yang banyak harus ditangkap pemerintah daerah dan melaksanakannya dengan langkah-langkah yang lebih untuk Kendal lebih maju.*

Reporter : Suly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.