Dua Pelajar SMP Ini, Bikin ATM Sampah Berbasis Teknologi

0
181
2 Pelajar SMP Bikin ATM Sampah Berbasis Teknologi

TNews, NASIONAL – Dua pelajar SMPN 1 Jetis membuat ATM Sampah berbasis teknologi. Karya mereka menyabet juara 1 tingkat nasional Bidang Rekayasa Teknik dalam Lomba Karya Inovasi Pelajar di SMA Taruna Nusantara, Magelang.

Kedua pelajar itu Else Windasari (15) dan Nabil Sirajuddin Fath (15). Mereka membuat alat yang disebut ATM berbasis Smart Digital Internet of Things terinspirasi dari banyaknya sampah botol plastik yang menumpuk di bak sampah. “Dengan alat ini, siswa bisa memasukkan sampah botol plastik ke dalam ATM ini terus mendapatkan struk sebagai ganti nominal uang,” tutur Ketua Kelompok Else, Rabu (4/12/2019).

Cara kerjanya, lanjut Else, dengan memasukkan sampah botol plastik ke dalam lubang yang disediakan di mesin ATM. Kemudian di dalam lubang tersebut sudah terdapat sensor yang bisa mendeteksi jenis dari sampah plastik.

Setelah itu sampah plastik akan masuk ke dalam kantong yang telah dimasukkan di dalam boks ATM. Siswa yang membuang sampah di ATM akan diminta untuk memencet tombol agar struk dari ATM keluar.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.