Fenomena Fotokopi KTP Jadi Bungkus Gorengan Disoroti Kemendagri

0
26

TNews, NASIONAL – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan kepada berbagai instansi untuk menggunakan mesin pembaca e-KTP atau card reader alih-alih mensyaratkan fotokopi dokumen kependudukan. Pernyataan itu menyusul unggahan viral fotokopi KTP dijadikan bungkus gorengan. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh berkata e-KTP sebenarnya tak perlu lagi difotokopi. Ia menyebut kartu itu dilengkapi chip yang menyimpan data kependudukan. “Gunakan card reader atau bagi instansi yang belum bekerja sama segera mengajukan permohonan pemanfaatan data kependudukan kepada Dinas Dukcapil terdekat,” kata Zudan dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5).

Zudan menyarankan agar warga berhati-hati jika terpaksa memfotokopi e-KTP dan memastikan tidak ada yang tercecer. Dia juga meminta setiap instansi yang mensyaratkan fotokopi e-KTP agar bertanggung jawab dengan dokumen tersebut dan melakukan pemusnahan fotokopinya secara berkala. Menurutnya, salinan e-KTP mengandung data pribadi warga yang harus dilindungi. “Kepada lembaga atau instansi yang menggunakan fotokopi dokumen kependudukan seperti KTP-el ataupun Kartu Keluarga sebagai persyaratan pelayanan, agar segera dimusnahkan dengan mesin penghancur dokumen bila tidak terpakai lagi,” ujarnya.

Zudan menyebut sebaiknya arsip fotokopi e-KTP diubah ke bentuk digital. “Untuk berkas manual, saya minta agar dikonversikan ke dalam bentuk digital sebelum dimusnahkan. Untuk memusnahkannya, bentuk tim dan buat berita acaranya,” ucap Zudan. Masalah fotokopi e-KTP jadi sorotan warganet dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, e-KTP pernah jadi trending topic di Twitter usai warganet ramai-ramai mengeluhkan birokrasi yang masih menuntut fotokopi e-KTP. Cuitan terbaru yang ramai diperbincangkan berasal dari akun Twitter milik Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi. Fahmi mengunggah foto bungkus gorengan yang terbuat dari fotokopi e-KTP. “Buat yang fotokopi KK dan/atau EKTP, pastikan tidak ada extra copy seperti ini,” cuit Fahmi sembari menambahkan emoji tertawa di akun @ismailfahmi.

 

Sumber : cnnindonesia.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.