Gerindra-PDIP Urai Makna Saling Hormat Jokowi dan Prabowo di Papua

0
37
Joko Widodo dan Prabowo Subianto (foto google)

TNews, NASIONAL – Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menunjukkan sikap saling hormat. Gerindra menilai sikap itu biasa ditunjukkan Prabowo untuk memberi penghormatan di militer.

“Kalau Pak Prabowo kan sejak remaja sudah sangat paham sopan santun dan etika, termasuk sikap memberi hormat itu bagian dari tradisi baik di militer,” kata Waketum Gerindra Habiburokhman, kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

“Selain itu beliau berdua memang benar-benar saling menghormati dalam menjalankan tugas di pemerintahan,” lanjutnya.

Habiburokhman menilai Prabowo mengunggah momen itu karena bertepatan dengan acara PON di Papua.

“Mungkin Pak Prabowo merasa perlu mengunggah foto tersebut karena momen dan tempatnya istimewa, yakni saat pembukaan PON di Papua,” ucapnya.

Senada diungkapkan oleh Politikus PDIP Andreas Hugo. Dia menyebut salah hormat itu merupakan bentuk penghormatan Prabowo dengan atasannya, yang kemudian dibalas.

“Hal yang biasa sebagai purnawarman TNI sikap Prabowo yang menghormati atasannya adalah pakem yang sudah mendarah daging, jalan perilakunya. Dengan sikap itu dibalas oleh Jokowi,” ujarnya.

Andreas mengatakan momen salah hormat keduanya bukan pertama kali terjadi. Andreas menilai keduanya memang kerap menunjukkan sikap saling menghormati.

“Dan ini bukan yang pertama kali, seingat saya 2014 setelah Pilpres ketika Jokowi berunjung ke rumah Prabowo baik di daerah Jakarta Selatan maupun ketika Jokowi berkunjung ke Hambalang dan mereka bersama naik kuda. Sikap saling menghargai saling menghormati ini sering dilakukan. Dan menurut saya ini contoh sikap yang baik yang ditunjukan oleh pemimpin kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Menhan Prabowo Subianto memposting foto di Instagram saat dia hormat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Merauke, Papua. Jokowi dan Prabowo sebelumnya menghadiri peresmian Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani.

Foto Jokowi dan Prabowo saling hormat itu diunggah di akun Instagram @prabowo seperti dilihat Minggu (3/10/2021). Jokowi tampak mengenakan kemeja berwarna putih dan Prabowo memakai kemeja berwarna cokelat.

“Tanah Miring, Kabupaten Merauke,” tulis Prabowo.

Selain Prabowo, hadir dalam acara peresmian Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani itu Ketua DPR Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi dalam sambutannya berharap rumah sakit tersebut memberikan manfaat bagi warga.

“Alhamdulillah pada sore hari ini pembangunan rumah sakit Jenderal TNI LB Moerdani sudah selesai dan siap dimanfaatkan untuk melayani masyarakat utamanya masyarakat di Kabupaten Merauke. Rumah sakit ini dibangun sangat cepat sekali, kurang-lebih 20-an hari,” kata Jokowi.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.