Hari Pertama Dibuka, 93 Ribu Jamaah Sholat di Masjid Nabawi

0
807

TNews, JAKARTA – Masjid Nabawi kembali dibuka pada 31 Mei kemarin setelah ditutup hampir dua bulan lamanya. Pada hari pertama itu, tercatat lebih dari 93 ribu orang langsung melaksanakan di masjid yang dibangun Rasulullah SAW itu.

Berdasarkan angka yang dihimpun Badan Masjid Nabawi sebanyak 93.774 jamaah melakukan salat wajib pada hari pertama pembukaan masjid. Jamaah terbesar datang saat waktu salat Magrib, yakni mencapai 40.356 orang.

Dikutip dari Saudi Gazette, masjid Nabawi membuka 11 pintu untuk para Jamaah. Pintu tersebut dibuka satu jam sebelum salat Subuh dan ditutup setelah salat Isya.

Pembukaan masjid tersebut dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. Hal itu sesuai dengan keputusan dari otoritas kesehatan dan keamanan Arab Saudi.

Sementara itu, Masjid Nabawi masih membatasi masuknya jamaah ke Rawdah Sharif dan area masjid lama. Hal itu dilakukan dengan membatasi jamaah maksimal 40 persen dari kapasitas masjid.

Kegiatan kajian keagamaan, hafalan Quran, pembagian makanan untuk berbuka puasa juga dilarang untuk sementara waktu. Sajadah-sajadah dilepas sehingga jamaah bisa langsung salat di atas lantai marmer.

Selain itu, rencananya Masjid Nabawi akan memasang kamera pendeteksi panas tubuh di 11 pintu. Anak-anak juga dilarang untuk masuk ke dalam masjid sehingga bisa menekan jumlah jamaah yang datang.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.