Inggris Klaim 250 Ventilator Asal China Berbahaya dan ‘Tak Aman’

0
207
ilustrasi

TNews, JAKARTA – Sebanyak 250 ventilator yang didatangkan dari China diklaim dokter Inggris tak aman. Bahkan ventilator tersebut dilaporkan malah dapat membuat pasien Corona mengalami dampak yang fatal, demikian laporan NBC News.

Dokter senior di Inggris mengatakan ventilator yang diterima tidak dapat dibersihkan dengan benar, desainnya tidak dikenali, dan pasokan oksigennya bermasalah. Sejumlah ventilator juga disebut memiliki instruksi manual yang membingungkan.

Sebuah surat yang dilayangkan dokter perawatan intensif pada pimpinan layanan kesehatan masyarakat Inggris (NHS) mengingatkan bahwa ventilator tersebut tidak aman. Sebelumnya, para menteri kabinet Inggris memuji kedatangan 300 ventilator dari China pada 4 April.

“Kami telah membeli ventilator invasif dari mitra di luar negeri, termasuk Jerman dan Swiss, dan hari ini 300 ventilator baru tiba dari China,” kata Michael Gove, Sekertaris Kabinet, mengatakan kepada NHS.

“Saya ingin berterima kasih kepada pemerintah Tiongkok atas dukungan mereka dalam mengamankan kapasitas itu,” lanjutnya.

Namun sembilan hari kemudian, sekelompok dokter dan manajer medis menulis kepada pemerintah untuk memperingatkan bahwa 250 model Shangrila 510 yang dibuat oleh Beijing Aeonmed Co.Ltd, salah satu produsen ventilator utama China, berpotensi mematikan.

“Kami percaya bahwa jika digunakan, kemungkinan besar pasien yang terluka, termasuk kematian, kemungkinan besar,” tulis surat tersebut, pada 13 April lalu.

“Kami menantikan penarikan dan penggantian ventilator ini dengan perangkat yang lebih mampu memberikan ventilasi perawatan intensif bagi pasien kami,” lanjut surat tersebut.

Mengutip The Sun, 250 ventilator yang diterima disebut tidak bisa digunakan karena memiliki kasing kain yang tidak bisa dibersihkan dengan benar. Pasalnya, hal tersebut sangat penting untuk mengekang penyebaran virus Corona yang mudah menular.

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.