Ini Fakta Isu Liar Jokowi Joget Tanpa Masker di Papua

0
51
(foto google)

TNews, NASIONAL – Video Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjoget di Kaimana, Papua Barat, diviralkan di media sosial (medsos). Video tersebut dikaitkan dengan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Di dalam video tersebut, Jokowi terlihat memakai kemeja putih yang khas dipakainya. Tampak sejumlah orang yang mengenakan pakaian adat Papua Barat ikut berjoget-joget.

Mereka berjoget dengan diiringi musik. Terlihat juga ada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Selain itu, tampak banyak orang di hadapan Jokowi yang sedang berjoget bersama masyarakat yang mengenakan pakaian adat.

Video itu lalu dikaitkan dengan ketaatan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan COVID-19.

Video Presiden Jokowi berjoget di Kaimana, Papua Barat, dikaitkan dengan situasi pandemi COVID-19 diviralkan di medsos. Begini faktanya. (Screenshot video viral)

Sebab, orang-orang dalam video tersebut tampak tidak memakai masker dan menjaga jarak.

Ada dua tulisan yang ditulis di atas dan di bawah video tersebut. Bunyinya sebagai berikut:

– PON XX Papua 2021 Saat Presiden Jokowi Nikmati Senja di Kaimana Papua

– Vidio ini membuktikan bahwa Covid19 di bumi Indonesia Telah tiada dan aturan Prokes Covid19 tidak berlaku lagi

Polda Papua Barat menyatakan video tersebut tidak benar alias konten hoax. Video tersebut terjadi pada Oktober 2019 atau saat pandemi COVID-19 belum melanda Indonesia.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi mengatakan peristiwa itu terjadi saat Jokowi ke Kaimana untuk kunjungan kerja.

“Itu hoax. Itu sebelum masa pandemi COVID pada saat Presiden datang ke Kaimana,” kata Kombes Adam saat dimintai konfirmasi, Rabu (6/10/2021).

Itu sebabnya, orang-orang yang ada dalam video tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak.

Pernyataan bahwa COVID-19 telah tiada di Indonesia dan aturan prokes COVID-19 tak berlaku lagi juga merupakan hoax.

“Jadi saat itu joget bersama masyarakat di Pantai Kaimana,” ucapnya.

Jokowi di kunjungan kerja meresmikan jalan antara Pegunungan Arfak dengan Manokwari. Dia sempat bergojet bersama warga (Instagram Jokowi)

Kaimana Bukan di Papua

Dalam video itu dituliskan ‘Presiden Jokowi Nikmati Senja di Kaimana Papua’.

Faktanya, Kaimana berada di Papua Barat.

Selain itu, dituliskan ‘PON XX Papua 2021’ di dalam video tersebut.

Faktanya, PON XX hanya digelar di Provinsi Papua, yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Fakta Jokowi Joget di Kaimana

Berdasarkan arsip pemberitaan detikcom, Jokowi mengunjungi Kaimana dalam rangka kunjungan kerja meresmikan jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari.

Di sela kunjungan itu, Jokowi menikmati Taman Kota Senja bersama istrinya Iriana Jokowi di Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Kedatangan Jokowi disambut ribuan warga di Taman Kota Senja, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Minggu (27/10/2019) sore. Mereka menari seka, salah satu tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua yang meliputi daerah Timika, Kaimana, dan Fakfak.

Jokowi juga sempat bergojet bersama warga. Jokowi ditemani istrinya, Iriana, pun larut dalam suasana dan turut menari. Momen tersebut juga dimanfaatkan warga untuk berfoto dan bersalaman bersama Jokowi.

Jokowi bersama Iriana duduk di sebuah kursi yang menghadap ke Laut Arafuru sambil menikmati kelapa muda (dok. Biro Setpres)

Saat itu, Jokowi berharap pembangunan jalan di sana bisa mendongkrak pariwisata di daerah Pegunungan Arfak agar berkembang dengan lebih pesat. Menurut Jokowi, Pegunungan Arfak memiliki potensi pariwisata yang indah, seperti dua danau, yakni Anggi Giji dan Anggi Gida.

“Juga pariwisata agar orang bisa berdatangan berbondong-bondong dari Manokwari dan dari provinsi lain dari seluruh Tanah Air melihat keindahan Danau Anggi yang ada di Pegunungan Arfak. Tadi saya sudah lihat dari atas, begitu sangat indahnya danau itu,” papar Jokowi.

Selain infrastruktur jalan, Jokowi berkomitmen mengembangkan bandara dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Pegunungan Arfak. Jokowi menilai bandara memiliki peran penting bagi penduduk setempat agar bisa lebih maju.

“Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan airport yang ada di sini, sehingga semuanya terbuka. Masyarakat di sini bisa pergi ke mana pun dan airport adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting bagi penduduk yang ada di sini untuk bisa lebih maju ke depan,” jelas Jokowi.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.