Innalillahi…Pendiri Bank Syariah Pertama Meninggal Dunia

0
69
Saeed Lootah

TNews, JAKARTA – Saeed Lootah, pendiri bank syariah pertama di dunia dan pengusaha terkemuka di Dubai meninggal dunia. Saeed Lootah meninggal di usia 97 tahun.

Ucapan duka cita disampaikan Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirate Arab Sheikh Mohammed bin Rashid lewat akun Twitternya.

“Dia adalah pedagang yang memulai usahanya dari nol, dan menyentuh banyak aspek ekonomi Dubai. Aku mengenalnya sebagai seorang yang yang cerdas, bijaksana dan tenang,” kata Sheikh Mohammed seperti dikutip dari thenational.ae, Selasa (30/6/2020).

Selain Sheikh Mohammed, pihak Dubai Islamic Bank (DIB), juga ikut memberikan ucapan belasungkawa terhadap pendiri bank syariah tersebut melalui akun Twitter resminya.

“Kami sangat sedih atas meninggalnya Haji Saeed Bin Ahmed Al Lootah, pendiri Dubai Islamic Bank. Keberhasilan dan warisan kami menjadi Bank Islam pertama menjadi kenyataan karena visi dan dedikasinya,” kata DIB pada akun Twitter-nya.

Pada bulan Januari, DIB menyelesaikan akuisisi Al Noor Bank, dalam kesepakatan yang akan menciptakan salah satu bank Islam terbesar di dunia, dengan total aset lebih dari 275 miliar dirham.

“Industri keuangan syariah merasa sedih atas kehilangan pelopor kami, Haji Saeed Bin Ahmed Al Lootah,” kata Iqbal Khan, kepala eksekutif Modal Fajr, di Twitter. “Kami berutang padanya dan begitu banyak terhadap industri, kami berhutang budi,” sambungnya.

Selain DIB, Saeed juga mendirikan perusahaan konstruksi pada tahun 1956, yakni S.S.Lootah Contracting Company, sebagai perusahaan patungan dengan saudaranya.

Sejak itu, Grup Lootah milik keluarga melebarkan sayapnya ke berbagai sektor utama termasuk real estat, energi, makanan, jasa, layanan keuangan, penelitian terapan, pendidikan, hingga kesehatan.

Saeed Lootah dilahirkan pada tahun 1923 di Dubai dan meninggal pada hari Minggu lalu. Ia merupakan seorang yang sangat percaya pada pentingnya pendidikan, hingga mendirikan Dubai Medical College dan Dubai Pharmacy College.

 

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.