Jogja Melihat Gerhana di Taman Pintar

0
113

TNews, YOGYAKARTA – Fenomena gerhana matahari kembali terjadi pada penghujung bulan Ramadhan tahun 2023, tepatnya pada tanggal 20 April. Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi sebagai satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan.

Gerhana yang akan terjadi adalah tipe Gerhana Matahari Hibrida (GMH) yaitu tipe gerhana yang merupakan gabungan dari Gerhana Matahari Total (GMT) dan Gerhana Matahari Cincin (GMC) dengan satu tempat hanya bisa menyaksikan satu jenis gerhana.

Indonesia hanya mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan GMT untuk Indonesia bagian Timur melewati Provinsi Maluku, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Papua. Sedangkan, beberapa daerah lain hanya dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Yogyakarta sendiri akan menjadi ibu kota provinsi yang paling awal memulai GMS, sedangkan Medan akan menjadi ibu kota provinsi yang paling awal mengakhiri GMS. Gerhana Matahari Sebagian di Yogyakarta diperkirakan mulai terjadi pada pukul 09.26 WIB yang mencapai puncaknya pukul 10.48 WIB dan selesai pada 12.16 WIB.

Untuk menyaksikan fenomena alam yang cukup langka tersebut, Taman Pintar bekerjasama dengan komunitas astronomi Penjelajah Langit mengajak masyarakat untuk melihat fenomena ini di Taman Pintar Yogyakarta.

Melalui kegiatan “Jogja Melihat Gerhana”, disediakan sejumlah teleskop dan peralatan untuk melihat gerhana yang dapat diakses di area Playground Taman Pintar. Mengingat pengamatan gerhana matahari ini membutuhkan pendampingan dan alat khusus, masyarakat akan didampingi relawan dari komunitas dan dari Taman Pintar Yogyakarta. Masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai bentuk edukasi tentang fenomena alam sebagai bagian dari literasi sains.

Taman Pintar berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat terutama generasi muda untuk menyelami dan mengembangkan sains di bidang astronomi.

Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.