Jokowi dan Heru Budi Tak Pakai Masker di Tanah Abang, Para Menteri Imbau Masyarakat Pakai Masker

0
39
Jokowi dan Heru Budi Tak Pakai Masker di Tanah Abang, Para Menteri Imbau Masyarakat Pakai Masker (Foto: Detik)

TNews, NASIONAL – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengumumkan dihentikannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

“Pada hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022. “Tak ada lagi pembatasan kerumunan dan kegiatan masyarakat.” Ia melanjutkan, “Pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan,” katanya

Namun, terlihat Jokowi dan Pj Gubernur DKI Heru Budi tidak menggunakan masker saat mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang ramai oleh pembeli dan pedagang. Padahal, Jokowi menganjurkan masyarakat tetap memakai masker di keramaian.

Jokowi masuk ke Pasar Tanah Abang, tepatnya di Blok A, yang tertutup. Setelah berkeliling di dalam Blok A, Jokowi menemui warga yang menunggunya di luar Gedung Blok A, di pinggir jalan yang terbuka.

“Kembali lagi, itu bapak Presiden menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat itu penting, dia (Jokowi) mungkin merasa dia sehat,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merespons hal tersebut, ditemui di Istana Negara, Jakarta, Senin, 2 Januari 2022.

Kendati dibolehkan tak menggunakan masker di ruang terbuka, sejumlah menteri Jokowi tetap menekan agar masyarakat menjalankan protokol kesehatan atau prokes. Bahkan mengenakan masker di tempat tertutup masih sangat dianjurkan.

Berikut beberapa menteri yang tetap menganjurkan penggunaan masker.

1. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan masyarakat sudah bisa mengisi penuh rumah ibadah seiring dengan pencabutan PPKM. Kapasitas rumah ibadah kini sudah diizinkan seperti keadaan normal yaitu 100 persen. “Jadi tetap sekarang dibebaskan,” kata Yaqut, Senin, 2 Januari 2023.

Aplikasi PeduliLindungi juga tidak perlu lagi digunakan untuk masuk ke rumah ibadah, kalaupun masih ada yang menggunakannya. Meski demikian, pihaknya meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. “Tapi tetap, di ruang-ruang tertutup harus memakai masker, itu saja sih intinya,” kata dia.

2. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Tak jauh beda dengan Menag, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga masih mengimbau masyarakat tetap memakai masker meskipun kebijakan PPKM telah dicabut. Menurutnya, penggunaan masker merupakan bagian dari prokes mengingat pandemi Covid-19 belum diumumkan usai.

“Jadi begini, balik lagi pemakaian masker kami anjurkan untuk di ruangan tertutup dan sempit, di kerumunan sebaiknya dipakai,” katanya, Senin, 2 Januari 2022.

Meski begitu, pihaknya menegaskan bahwa pemakaian masker saat ini merupakan imbauan. Sehingga terserah kepada masyarakat. Apabila merasa sehat maka penggunaan masker di udara terbuka disebutnya tidak diperlukan.

3. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno justru meminta wisatawan untuk meningkatkan kewaspadaan setelah PPKM dicabut. “Itu (pencabutan PPKM) memang membawa angin segar bagi pengembangan pariwisata, namun di tengah kebangkitan sektor tersebut perlu waspada,” kata Sandiaga, Sabtu, 31 Desember 2022.

Menurutnya, meski PPKM telah dicabut, namun virus Covid-19 masih ada. “Kita harus siaga, saat ini masker sudah ditinggalkan, tapi ada panduan bahwa di ruang tertutup dan saat di kerumunan, masker tetap akan selalu digunakan,” ujarnya.

Sumber: Cnbcindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.