Jokowi Sebut Berkat Doa Ulama Pertumbuhan Ekonomi Stabil di 5%

0
46

TNews, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil di atas 5%. Hal tersebut dikatakannya tidak terlepas dari peran santri dan doa para ulama.

“Di tengah ekonomi dunia yang bergejolak tidak pasti sekarang ini banyak negara yang sudah masuk ke krisis, resesi. Alhamdulillah berkat doa dan dukungan utamanya dari para ulama, ekonomi indonesia tetap baik dan stabil di atas 5 persen, ini patut kita syukuri,” ujar Jokowi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/12/2019).

Ia menyebut banyak negara-negara yang pertumbuhannya di angka 7% namun karena adanya gejolak ekonomi dunia sehingga pertumbuhannya menurun drastis menjadi 0,5% – 6%.

“Sehingga sekali lagi patut kita syukuri jangan kita kufur nikmat,” imbuhnyaMaka dari itu, dia berharap pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia sehingga berdaya saing dalam memiliki banyak keterampilan dibanding dengan negara lain.

“Inilah sekarang yang hampir semua negara mengasah skill. Keterampilan dan kejuruan diangkat. Semua negara sekarang ini persaingannya ada disitu. Bukan ijazahmu apa, bukan adu ijazah sekarang. Adu keterampilan, adu skill dan kompetensi,” katanya.

Sebagai informasi, BLK Komunitas merupakan program pemerintah untuk meningkatkan keterampilan (hard skill) para santri dan masyarakat di sekitar BLK Komunitas tersebut. Penentuan kejuruan di BLK Komunitas sudah berdasarkan pada permintaan pihak penerima bantuan agar tepat sasaran.Di samping itu, penentuan kejuruan ini tentu saja disesuaikan link and match dengan industri yang ada di sekitar BLK Komunitas. Kejuruan pelatihan yang akan dikembangkan agar disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal dan mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha sehingga pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran.

Komitmen Pemerintah dalam peningkatan kompetensi SDM Indonesia, disikapi secara nyata melalui Kementerian Ketenagakerjaan dalam program lanjutan pembangunan BLK Komunitas sebanyak 2.000 (dua ribu) lembaga pada tahun 2020.

 

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.