Kuburan Termewah: Isinya Ferrari, Lamborghini, sampai Rolls-Royce

0
261

TNews, JAKARTA – Pada suatu ketika pemerintah Dubai sempat dibuat kerepotan oleh banyaknya mobil mewah yang tak diurus lagi oleh pemiliknya. Kini Dubai punya kuburan mobil paling mewah di dunia.

Dubai memang berbeda dengan banyak kota lain di dunia. Saat kota lain terbelit masalah kriminal, pengangguran, tempat tinggal, sampai isu pendidikan, Dubai malah bermasalah dengan surplus mobil mewah bekas.

Menurut laporan Gulf News pada 2018, setiap tahun ada 2.000 sampai 3.000 mobil ditinggalkan pemiliknya di Dubai. Sebagian besar adalah mobil-mobil mewah, malah masuk kategori super mewah.

Mobil-mobil tersebut ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya. Pada tahun 2008-2010 jumlah mobil yang diterlantarkan sangat tinggi lantaran krisis ekonomi yang melanda dunia. Saat itu banyak warga Dubai (dan juga ekspatriat) yang tak mampu membayar cicilan mobil dan kemudian ditinggalkan begitu saja.

Kegagalan membayar cicilan dianggap sebagai pelanggaran hukum berat di Uni Emirat Arab dan dapat ancaman hukuman. Oleh karena itu banyak ekspatriat yang memilih meninggalkan Uni Emirat Arab saat mereka gagal membayar cicilan mobil.

Saat itu perusahaan peminjaman di Dubai tidak bekerjasama dengan institusi keuangan asing, sehingga tak bisa melacak pelanggannya yang pergi ke luar negeri. Namun kini sistemnya sudah berubah, mereka yang kabur dari kewajiban cicilan akan bisa dilacak keberadaannya.

Tapi kegagalan membayar cicilan mobil cuma salah satu alasan kenapa begitu banyak mobil mewah bekas di Dubai. Dikutip dari caradvice, orang-orang di Dubai ‘terlalu malas’ atau ‘terlalu kaya’ untuk memikirkan nasib mobil bekasnya – meski masuk kategori mobil mewah.

Mobil-mobil mewah yang tidak terurus itu, atau yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan, kemudian dipindahkan ke sebuah padang pasir luas oleh pemerintah setempat. Inilah yang kemudian menjadi kuburan untuk mobil-mobil berharga puluhan miliar rupiah tersebut.

Youtuber kondang Supercarblondie, belum lama ini berkunjung ke ‘kuburan’ tersebut. Di sana dia menemukan mobil-mobil super mewah yang sudah dalam kondisi menyedihkan. Sebagian mengalami kerusakan karena kecelakaan, tapi sebagian lainnya masih dalam kondisi baik, seperti sebuah Ferrari California berkelir putih yang muncul di awal video.

Mobil-mobil yang berada di ‘pemakaman’ ini bisa didapatkan oleh siapa saja dengan cara lelang. Harganya tentu saja sangat miring. Ferrari California yang barunya dibanderol Rp 2,2 miliar, dalam lelang bisa dibuka dengan harga di bawah Rp 600 juta.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.