Pimpinan Komisi II Dengar Jokowi Sudah Oke Pemilu Digelar Februari 2024

0
79
Luqman Hakim (foto google)

TNews, NASIONAL – Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PKB Luqman Hakim menyebut Pemerintah sudah bertemu dengan KPU terkait tanggal Pemilu 2024. Luqman mendengar kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mempersoalkan Pemilu digelar Februari 2024.

“Mungkin begini, itu karena pada saat konsultasi KPU dengan Presiden tanggal 11 November kemarin, itu kan Presiden didampingi Mendagri kalau nggak salah, didampingi juga Mensesneg, lalu Presiden yang saya dengar oke dengan Pemilu di bulan Februari, sama dengan yang dibahas dengan KPU dan tim kerja bersama,” kata Luqman kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Luqman mengatakan kabar Pemilu digelar Februari 2024 baru sebatas konsultasi KPU dan Pemerintah. Namun, dia meyakini jadwal Pemilu 2024 tidak akan bermasalah jika Jokowi sudah setuju.

“Nah cuma formalnya belum itu. Iya belum kita belum ada rapat di Komisi II, tapi kalau lihat arahnya dari informasi konsultasi KPU dengan Presiden harusnya sih sudah nggak ada masalah, karena dulu Pemerintah minta tanggal 15 (Maret) itu kan karena arahan Presiden, kalau Presidennya sudah oke dengan Februari harusnya sudah nggak ada hambatan. Tinggal secepatnya Komisi II rapat,” ucapnya.

Politikus PKB ini menyebut belum ada kabar kapan Komisi II DPR akan menggelar rapat lagi terkait Pemilu 2024. Dia menyebut masih ada perbedaan pendapat di antara anggota Komisi II soal tanggal Pemilu.

“Sebelum ada pertemuan, sampai sekarang kalau secara formal belum, karena terakhir tanggal berapa ya sebelum reses itu kita rapat konsinyering komisi II, KPU, Bawaslu, DKPP, Mendagri, terakhir sebelum masa reses kemarin masih kebelah itu. Belum tapi saya harap sebelum masa reses Desember kita bisa putuskan, harapan kita begitu,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU ingin hari pencoblosan digelar lebih cepat, yakni pada 21 Februari 2024. Sebelumnya, KPU mengusulkan April 2024.

“Kami menginginkan agar penyelenggaraan pemilu ini dipercepat, untuk menghindari kekosongan untuk pencalonan pilkada (pemilihan kepala daerah),” kata Ketua KPU Ilham Saputra saat memberi paparan pada acara diskusi virtual, seperti dikutip dari Antara, Minggu (30/5)

Namun, Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan pemerintah telah melakukan rapat internal membahas simulasi tanggal pelaksanaan Pemilu 2024. Hasilnya, 15 Mei dipilih menjadi hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Pilihan pemerintah adalah tanggal 15 Mei (hari pemungutan suara),” kata Mahfud melalui rekaman video yang diterima, Senin (27/9).

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.