Prabowo Resmi Dilantik Sebagai Presiden RI Periode 2024 – 2029

0
7
Gambar: Prabowo Resmi Dilantik Sebagai Presiden RI Periode 2024 - 2029, (20/10/2024).

TNews, JAKARTA – Pada tanggal 20 Oktober 2024, pasangan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming secara resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029. Pelantikan ini berlangsung dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang digelar di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Pelantikan mereka didasarkan pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 504 Tahun 2024, yang menetapkan pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Umum 2024. Sidang dimulai pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti dengan mengheningkan cipta.

Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, membuka sidang paripurna secara resmi. Setelah pembukaan, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mengucapkan sumpah jabatan mereka.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Prabowo Subianto.

Sementara itu, Gibran Rakabuming juga mengucapkan, “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

Setelah pengucapan sumpah, keduanya menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan oleh seluruh pimpinan MPR RI. Berita acara pelantikan kemudian diserahkan kepada masing-masing oleh Ketua MPR.

Sidang paripurna ditutup dengan pernyataan terima kasih dari Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming kepada para pemimpin dan utusan negara-negara sahabat yang hadir.

“Dari lubuk hati yang terdalam, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Anda. Kehadiran Anda di tengah kesibukan adalah penghormatan bagi kami dalam momen kedaulatan konstitusional ini,” ucap Presiden Prabowo Subianto dalam pidatonya.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.