Tak Jarang Hebohkan Publik, Ahok Kembali Buat Gebrakan di Pertamina

0
19

TNews, NASIONAL – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tbk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali membuat gebrakan di Pertamina. Dia menyebut, fasilitas kartu kredit untuk para petinggi Pertamina yakni manajer, direksi hingga komisaris dihapus. Bukan pertama kali Ahok membuat gebrakan di Pertamina. Sejumlah gebrakan telah ia keluarkan dan tak jarang menghebohkan publik. Berikut daftar gebrakan Ahok tersebut seperti dirangkum:

1. ‘Staf Biasa’ Bisa Jadi Direksi

Ahok mengatakan saat ini perseroan tengah memasuki budaya baru. Dirinya memberikan kesempatan kepada seluruh jajaran karyawan Pertamina agar dapat menduduki posisi strategis. Ahok mengatakan seluruh karyawan Pertamina tanpa terkecuali dapat menempati berbagai posisi strategis seperti Senior Vice President (SVP), hingga jajaran direksi. “Yang perlu kita perhatikan pada seluruh insan Pertamina adalah kita akan memasuki sebuah budaya baru. Membuka kesempatan kepada seluruh insan Pertamina golongan yang PRL-nya (Pertamina Reference Level) di bawah 15 pun anda berhak untuk ikut test menduduki posisi sampai SVP,” kata Ahok dalam video yang diunggah Pertamina, dikutip Jumat (17/7/2020).

2. Bongkar Aib Pertamina

Ada pernyataan Ahok yang menghebohkan publik di tahun 2020 lalu. Ahok menyebut,ada direksi yang hobi lobi menteri. Hal itu diungkap Ahok melalui akun YouTube POIN seperti dikutip, Selasa (15/9/2020). “Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian,” katanya.

3. Audit Kilang Pertamina

Ahok ingin agar sejumlah kilang Pertamina diaudit. Ahok juga menyadari dirinya dipancing agar emosi dan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lalu, ia dianggap sebagai pengganggu keharmonisan. “Terus sudah ditawarin kenapa ditolak? Terus kenapa kerja seperti ini? Saya lagi mau audit. Cuma saya emosi juga kemarin. Mereka lagi mancing saya emosi, saya emosi laporin Presiden apa? Ahok mengganggu keharmonisan,” kata dia dikutip Rabu (16/9/2020).

4. Bentuk Tim Khusus

Ahok menyatakan telah membentuk tim khusus di Pertamina.Tugas tim itu sendiri ialah untuk bernegosiasi ulang dengan para investor yang pernah atau pun mau kerja sama proyek kilang dengan Pertamina. “Untuk negosiasi ulang semua investor yang pernah dan mau kerjasama dengan Pertamina,” ujar pria yang beken disapa Ahok itu kepada detikcom, Sabtu (3/10/2020). Ahok mengatakan, tim ini akan terdiri dari jajaran internal Pertamina, sehingga tak ada partisipasi pihak luar atau eksternal. “Internal. Direktur Portofolio dengan Komite Investasi dan Komite Audit, serta Tim Transformer Task Force Dekom (Dewan Komisaris),” ungkap Ahok.

5. Ajak Masyarakat Tinggalkan Premium

Saat berkunjung ke Solo, Ahok mengajak masyarakat untuk meninggalkan Premium. Dia bilang, sebagai gantinya, masyarakat bisa memilih jenis Pertalite atau Pertamax yang memiliki kualitas lebih bagus. Apalagi kendaraan sekarang ini didesain untuk jenis bahan bakar bukan Premium. “Itu kita baru bikin program langit biru, untuk mengajak masyarakat mendidik supaya meninggalkan premium,” kata Ahok kepada wartawan ditemui di rumah dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Loji Gandrung, Rabu malam (7/4/2021).

6. Hapus Fasilitas Kartu Kredit

Ahok menyebut penghapusan fasilitas kartu kredit untuk manajer, direksi dan komisaris telah menjadi kesepakatan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).Ia menyatakan keputusan ini sudah disetujui oleh semua pihak. “Secara lisan, para dekom (dewan komisaris) dan dewan direksi tidak ada yang keberatan di RUPS atau menolak usulan penghapusan kartu kredit korporasi,” kata Ahok melalui pesan singkat, Selasa (15/6/2/2021). Bahkan, Menteri BUMN Erick Thohir juga dikatakan Ahok sudah setuju dengan rencana penghapusan kartu kredit korporasi ini. “Itu teknik operasional. Prinsipnya Pak Menteri setuju, tetapi karena dalam RUPS diwakili surat kuasa, tidak spesifik bicara setuju,” kata Ahok.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.