Tenaga Ahli KSP Sebut Jokowi Mungkin akan Lantik Kepala Otorita IKN

0
57
ilustrasi

TNews, NASIONAL – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Wandy Tuturoong, mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) dalam satu atau dua hari ke depan. Wacana pelantikan ini sebelumnya sudah bergulir sejak dua pekan lalu.

“Ada kemungkinan (Kepala Otorita IKN dilantik) 1-2 hari ini. Tapi belum bisa saya pastikan, tunggu saja,” ujar Wandy saat dihubungi, Selasa, 8 Maret 2022.

Mengenai sosok yang bakal dipilih, Wandy mengatakan pihaknya belum dapat memastikan dan membeberkannya. Ia hanya memastikan Kepala Otorita IKN bakal berkantor di Jakarta dan Nusantara setelah dilantik.

“Ada sekretariat IKN, lintas kementerian yang sedang disiapkan Bappenas. Di Balikpapan dan juga ada di Jakarta karena masih transisi,” kata Wandy.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut Kepala Otorita IKN akan dilantik secepatnya dan diumumkan akhir Februari 2022. Selain itu, ia menyebut kandidat Kepala Otorita yang akan ditunjuk berasal dari non parpol. “Dari non parpol,” ujarnya.

Mengenai calon Kepala Otorita IKN, pada Maret 2020 Jokowi sempat menyebut empat nama kandidat Kepala Otorita lainnya. Mereka adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok; mantan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas; Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas 2016-2019, Bambang Brodjonegoro; dan mantan Direktur Utama PT Wijaya Karya, Tumiyana

Namun menurut laporan Majalah Tempo pekan lalu, pilihan itu semakin mengerucut. Tiga pejabat yang mengetahui rencana pengisian jabatan kepala otorita bercerita, Jokowi sudah menimbang-menimbang sejumlah calon untuk memimpin Nusantara, nama ibu kota baru. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil salah satunya. Ia memenuhi kriteria yang diungkapkan Jokowi.

Menurut tiga pejabat itu, Jokowi mengungkapkan kepada Ridwan soal peluang dia memimpin IKN di sela-sela kunjungannya ke Bandung pada Senin, 17 Januari lalu. Setelah berdiskusi dengan Jokowi, Ridwan dan timnya disebut bersafari ke sejumlah pejabat.

 

Sumber : tempo.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.