Tertular dari Donatur, 14 Anak Panti Asuhan Ini Positif Corona

0
45

TNews, JAKARTA – Sebanyak 14 anak panti asuhan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), positif virus Corona (COVID-19). BNPB mengatakan mereka tertular dari pengasuh yang diduga terpapar dari donatur.

“Sebanyak 14 anak panti asuhan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dilaporkan positif mengidap virus corona atau COVID-19. Mereka diketahui terpapar corona dari seorang pengasuh. Mungkin pengasuh itu terpapar dari donatur atau pemberi sumbangan,” kata Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati dalam keterangannya, Sabtu (13/6/2020).

Kepala Karantina Gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Diklat (BPPD) COVID-19 Kalsel dr Hera sebelumnya mengatakan belasan anak panti asuhan yang positif itu sudah menjalani karantina di Gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Diklat (BPPD) Kalsel. Kondisi mereka baik dan ceria.

“Alhamdulillah kondisinya baik dan mereka ceria menjalani masa karantina di sini. Kami masih menunggu hasil lab swab mereka yang diambil di sini dua kali. Sebelumnya, mereka terkonfirmasi positif dari hasil swab di Kabupaten Banjar. Mudah-mudahan swab dua kali ini hasilnya negatif, jadi mereka bisa pulang,” ujar Hera, Kamis (11/6/2020).

Belasan anak panti itu dites swab pada 16 Mei oleh Dinkes Kabupaten Banjar. Mereka lalu menjalani karantina di Gedung BPPD pada 30 Mei.

Hera menuturkan, selama dikarantina, 14 anak itu pun tetap melakukan aktivitas seperti biasa, tanpa keluhan sedang hingga berat. Bahkan sejumlah anak panti asuhan ini terlihat melakukan aktivitas membaca dan bermain catur sebelum melaksanakan salat Asar di musala.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, total penghuni panti asuhan tersebut 27 anak. Sebanyak 13 anak lainnya yang tidak tertular virus Corona langsung dipulangkan ke rumah masing-masing.

Panti asuhan akhirnya ditutup dan disterilisasi demi mencegah meluasnya persebaran virus Corona dalam satu kawasan. Koordinator Karantina Provinsi Kalimantan Selatan Sukamto mengatakan, untuk mencegah penularan COVID-19, pasien terkonfirmasi positif tidak boleh melakukan karantina mandiri.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.