Warga Manfaatkan Batang Padi pada Pengecoran Jalan TMMD

0
20
Gambar : Warga Manfaatkan Batang Padi pada Pengecoran Jalan TMMD, Kendal (5/10/2023).

TNews, KENDAL – Memulai pembangunan jalan pengecoran beton saat musim kemarau dikhawatirkan bisa merusak kualitas jalan bahkan dapat menimbulkan keretakan di permukaan jalan cor beton yang baru dibangun.

Menyikapi hal itu, Satgas TMMD 118 Kodim 0715/Kendal menyiasatinya dengan menumpuk sisa pohon padi di sepanjang jalan yang sudah dicor serta disiram air berkali-kali selama empat hari.

“Jadi mengantisipasi adanya retak pada jalan kami menggunakan sisa pohon padi kemudian disiram air selama empat hari,” kata Babinsa Purwogondo Pelda M. Toha, Kamis (05/10/2023).

Menurutnya, cara tersebut memang bagian dari teknik konstruksi yang sudah digunakan oleh beberapa kontraktor untuk menjaga kualitas bangunan. “Ya Saya berinisiatif saja supaya kokoh, air juga meresap dengan natural sehingga keringnya beton juga sempurna,” ungkap M. Toha.

Sebab menurutnya tidak melulu memikirkan target semata. Tetapi kualitas konstruksi juga harus diutamakan. “Yang digunakan ini kan dana milik negara, artinya milik masyarakat. Sehingga masyarakat berhak meminta kualitas yang nomor satu,” tuturnya.*

Reporter : Suly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.