TPA Darupono Baru Kaliwungu Kendal Terbakar, Upaya Pemadaman Terus Dilakukan

0
130
Gambar : TPA Darupono Baru Kaliwungu Kendal Terbakar, Upaya Pemadaman Terus Dilakukan, (23/9/2023).

TNews, KENDAL – Musim kemarau yang panjang dan cuaca ekstrem membawa sejumlah permasalahan di tengah-tengah masyarakat, kekeringan di lahan sawah hingga gagal panen, kesulitan air bersih, kebakaran yang terjadi di mana-mana. Seperti kebakaran yang terjadi di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Darupono Baru Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal pada Sabtu, 23 September 2023.

Peristiwa kebakaran yang melahap gunungan sampah tersebut bermula sekitar pukul 13.00 WIB.

Penyebab kebakaran ini berawal dari titik api di tengah lokasi hutan, seperti dikatakan oleh salah satu operator Excavator TPA yang bernama Agus.

“Titik api terlihat di tengah hutan milik Perhutani, dan dengan cepat merembet ke TPA karena kekeringan di sekitar hutan dan tiupan angin begitu kencang, Saya dan teman- teman berusaha memadamkan api bersama para pemulung tapi tidak berhasil,” ujarnya.

Api dengan cepat menjalar dan semakin membesar. Kobaran api yang tak kunjung padam ini dikhawatirkan akan mengancam wilayah sekitarnya.

Petugas pemadam kebakaran dari Kendal juga telah dikerahkan ke lokasi, didukung oleh petugas pemadam kebakaran Kecamatan Boja.

Upaya pemadaman masih berlangsung intensif karena api menyebar ke dalam tumpukan sampah yang ada.

Menurut Hidayat Edi Nugroho, Kabid Persampahan, Limbah dan Pertamanan DLH Kendal “Upaya untuk memadamkan api secara intensif terus dilakukan tapi karena kobaran api cukup besar dan kabut asap yang begitu tebal sehingga menghambat proses pemadanan,” katanya.

Situasi ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan warga setempat.
Petugas yang berada dalam lokasi kejadian meminta warga untuk tetap waspada.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal Aris Irwanto mengatakan bahwa upaya pemadaman terus dilakukan keroyokan oleh petugas
pemadam, petugas TPA DLH, warga, seraya memohon kepada masyarakat untuk membantu dan berdoa agar proses pemadaman bisa lancar.

“Dengan musibah ini kita harus terus menjaga persatuan kesatuan untuk tidak saling menyalahkan sekali lagi ini musibah dan kita berdoa bersama, semoga Allah SWT memberi kita semua kesehatan kemudahan dan dijauhkan fitnah dunia akhirat Amin Amin Ya Robbalallam,” harapnya.

Sabtu malam terlihat juga di sekitar lokasi Sekda Kendal Sugiyono, Kepala DLH dan stafnya serta Kepala OPD.

Pantauan pada Minggu 24/09/2023, di TPA Darupono Baru ini, api dan kepulan asap hitam masih terlihat bahkan karena tiupan angin sampai ke pemukiman masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lokasi serta menggangu pengguna jalan yang melintas di jalan Kaliwungu – Boja.*

Reporter : Suly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.