Wacana Jokowi 3 Periode Disebut Produk Haram

0
23
Joko Widodo Presiden RI ( foto: voaindonesia )

TNews, NASIONAL – Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman) Imanuel Ebenezer menolak usulan Projo yang mengatakan semua relawan sepakat Presiden Joko Widodo melanjutkan masa jabatan hingga tiga periode.

“Usulan Jokowi tiga periode adalah produk haram bagi demokrasi. Joman menilai wacana tersebut sesat dan menjerumuskan,” kata pria yang akrab disapa Noel itu dalam keterangannya dikutip Kamis (1/9).

Noel menilai Projo justru ingin menjerumuskan Presiden Joko Widodo dengan wacana tiga periode tersebut. Menurutnya, Indonesia saat ini menganut sistem demokrasi di mana rakyat memilih presiden secara langsung. Sehingga, perpanjangan masa jabatan presiden tidak boleh ada di parlemen.

“Yang lebih buruk Budi Arie [Ketum Projo], adalah aktor yang pernah ada saat kawan kawan mahasiswa berjuang di era reformasi. Dia menyaksikan bagaimana menjatuhkan Soeharto. Sementara dia menginginkan kita kembali ke Orde Baru dan orde otoritarian,” kata Noel.

Selain itu, Noel juga meminta Projo sebagai pihak pengusul Jokowi tiga periode harus membaca ulang sejarah dunia dan Indonesia.

Ia memberi contoh banyak rezim di dunia yang berkuasa panjang akhirnya di demo dan jatuh dengan mengerikan. Noel mengatakan pihaknya tidak menginginkan bila Jokowi mengalami nasib seperti demikian.

“Kita lihat kejatuhan Saddam Husein, Moamar Khadafi, Soeharto dan lainnya. Belum lagi para pemimpin yang diisolasi dunia karena berkuasa panjang. Semuanya dimulai dari memperpanjang kekuasaannya,” kata Noel.

Noel meyakini Jokowi tidak menginginkan berkuasa kembali. Jokowi hanya berharap munculnya pemimpin baru yang bisa seirama dan melanjutkan program program pemerintahannya. Karena itu, Ia berharap tidak ada lagi gagasan Jokowi tiga periode sehingga tak boleh dilanjutkan.

“Ini produk haram bagi demokrasi. Sangat berbahaya,” ucap dia.

Sebelumnya, Ketum Projo Budi Arie mengatakan semua relawan sepakat Jokowi melanjutkan masa jabatan hingga tiga periode. Budi berkata Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) seharusnya tak perlu dilanjutkan. Dia menyebut relawan satu suara mendukung Jokowi pada 2024.

“Lanjut apa enggak? [Relawan] mau lanjut, Pak, tapi konstitusi gimana? Kayaknya Musra sudah berakhir dengan kesimpulan lanjutkan, Pak,” kata Budi kepada Jokowi dalam Musra yang digelar di Bandung, Minggu (28/8).

Budi juga mengklaim masyarakat masih menghendaki Jokowi untuk mencalonkan diri kembali pada Pilpres 2024.

Budi mengatakan hal itu tercermin dari hasil Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) yang digelar para relawan Jokowi. Pada musyawarah itu, Jokowi dipilih oleh sekitar 1.704 orang dari 5.721 orang.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.