Wacana Tunda Pemilu Game Over

0
127
Jokowi-Ma'ruf bersama ketum-ketum partai koalisi. (foto google)

TNews, NASIONAL – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yakin usulan penundaan pemilu sudah tamat alias game over. Bila dilihat peta suara di DPR RI saat ini, jumlah pendukung tunda pemilu kalah telak dengan penolak tunda pemilu.

Ungkapan usulan tunda pemilu bakal game over disampaikan Surya Paloh setelah membuka Rapat Koordinasi Wilayah Partai NasDem Sumatera Utara (Sumut) di Medan. Paloh menilai isu penundaan pemilu itu merupakan hal yang tidak menarik.

“Saya sudah berulang kali menegaskan, bagi NasDem, siapa lagi yang tertarik dengan isu seperti itu. Kita anggap saja itu yang melemparkan isu, dan berwacana menawarkan konsep dan gagasan yang syukur-syukur diterima oleh masyarakat,” kata Paloh, Kamis (3/3/2022).

Orang nomor satu di NasDem ini mengatakan tidak yakin ada yang akan membawa dan meloloskan hal itu ke sidang MPR RI. Menurut Paloh, hanya amandemen undang-undang yang bisa dilakukan jika penundaan pemilu itu terealisasi.

“Dalam hal ini tidak ada, tidak mungkin perppu, itu di bawah Undang-Undang Dasar. Dekrit, superbahaya itu, menjerumuskan pemerintahan yang sekarang. Pemerintah yang didukung setulusnya, sepenuhnya. Satu-satunya adalah membawa ini ke sidang MPR dan amandemen,” ucapnya.

Dia menilai usul penundaan pemilu akan game over. Oleh sebab itu, Paloh meminta agar tidak membuang energi membahas penundaan pemilu.

“NasDem mampu memprediksikannya, sebelum sampai situ, game is over. Untuk apa kita buang energi pada hal-hal itu,” ucapnya.

Tiga fraksi di DPR RI setuju pemilu ditunda. Ketiga fraksi tersebut adalah Partai Golkar, PKB, dan PAN.

Sementara itu, yang menolak pemilu ditunda ada enam fraksi. Dari partai koalisi adalah PDIP, Gerindra, NasDem, dan PPP, sedangkan dari oposisi ada Partai Demokrat dan PKS.

Wacana penundaan Pemilu 2024 awalnya dicetuskan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Wacana penundaan pemilu ini bakal bermuara terhadap perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi.

Begini peta kekuatannya jika dilihat dari kursi yang dimiliki partai koalisi di DPR:

Koalisi Setuju Pemilu Ditunda:

– Partai Golkar: 85 kursi

– PKB: 58 kursi

– PAN: 44 kursi

– Total: 187 kursi

Koalisi Tidak Setuju:

– PDIP: 128 kursi

– Partai Gerindra: 78 kursi

– Partai NasDem: 59 kursi

– PPP: 19 kursi

– Total: 284 kursi

Oposisi Tak Setuju:

– Demokrat: 54 kursi

– PKS: 50 kursi

– Total: 104 kursi

Dengan demikian, jumlah kursi di DPR yang menolak penundaan Pemilu 2024 menjadi 388 kursi, jauh lebih banyak dibanding pendukung penundaan. Seperti diketahui DPR memiliki total 575 kursi.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.