Wapres Ma’ruf Amin Dorong Kebebasan Pers: Tapi Harus Disertai Tanggung Jawab Sosial

0
28
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Suarasurabaya)

TNews, NASIONAL – Transformasi zaman mendorong munculnya berbagai ragam media yang menyediakan aneka pilihan bagi masyarakat sesuai dengan karakteristiknya. Oleh karena itu, di tengah derasnya arus informasi, media perlu melakukan aksi responsif dan adaptif, namun tetap harus mengedepankan kode etik jurnalistik dalam mendiseminasi ragam informasi.

“Media massa memiliki posisi strategis sebagai kontrol sosial dalam kehidupan berdemokrasi. Hendaknya kebebasan pers ini mutlak disertai dengan tanggung jawab sosial, dan tetap dalam koridor ketentuan hak asasi manusia,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat menghadiri Gatra Awards 2022 secara daring, Senin (12/12/2022).

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa media harus terus memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang dan edukatif.

“Saya minta untuk meneruskan kiprahnya sebagai media terpercaya, dalam menyebarluaskan informasi kepada publik secara jujur dan berimbang, serta kental muatan edukasi,” pintanya.

Selain itu, Wapres meminta peran aktif media untuk berkontribusi dalam kemajuan bangsa pascapandemi.

“Terlebih kini, dalam upaya menanggulangi dampak pandemi, media massa bersama dengan segenap elemen bangsa sepatutnya bersinergi untuk mempercepat pemulihan bangsa,” imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga mengapresiasi inisiasinya memberikan penghargaan kepada institusi pemerintah, swasta, dan individu yang telah berdedikasi dalam mengakselerasi pemulihan bangsa. Ia pun berharap apa yang telah dilakukan para penerima penghargaan dapat diadopsi oleh pihak lain.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan Gatra Awards 2022. Saya harapkan prestasi ini dapat menginspirasi berbagai pihak lain untuk memajukan Indonesia melalui sumbangsih nyata dan realisasi program-programnya,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap kegiatan seperti ini mampu meningkatkan semangat masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas diri dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Forum penghargaan ini juga seyogianya semakin memantik semangat berkarya seluruh insan kreatif Indonesia, untuk lebih produktif, inovatif, dan kontributif mewujudkan Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Gatra Media Group Hendri Firzani menyampaikan bahwa penganugerahan Gatra Awards ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemangku kebijakan dan swasta yang secara optimal berupaya untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional pascapandemi.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras pemerintah, OJK, BI dan semua lembaga pemerintah dan sektor swasta, sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi di angka 5%. Untuk itu, kami mempersembahkan Gatra Awards dengan tema “Dedikasi Total Mengakselerasi Pemulihan Bangsa”.

Hendri menambahkan, penghargaan ini dapat memberikan semangat dan inspirasi kepada berbagai pihak untuk terus berkarya membangun bangsa.

“Saya berharap penghargaan ini tidak membuat kita puas dan terus membuat kita bekerja lebih keras lagi. Kami harapkan bisa mengunggah semangat kita untuk optimis dan bekerja keras untuk kepentingan bangsa, together we are stronger,” harapnya.

Sebagai informasi, dalam acara ini diberikan penghargaan kepada 24 pemenang terdiri dari 19 pemenang kategori utama dan 5 pemenang kategori khusus individu.

Adapun 19 pemenang kategori utama sebagai berikut: Kategori Bidang Logistik dan Perhubungan: PT Pelayanan Nasional Indonesia (Persero) dan PT Pertamina Internasional Shipping; Kategori Bidang Perlindungan Sosial dan Revitalisasi Komunitas: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Djarum Foundation, serta Pemerintah Kabupaten Pasuruan; Kategori Bidang Kemandirian Pangan: Kementerian Pertanian; Kategori Bidang Pemberdayaan dan Resiliensi UMKM:

PT Astra International Tbk., PT Reska Multi Usaha (KAI Services), dan Pemerintah Kota Palembang; Kategori Bidang Keuangan dan Pembiayaan: Otoritas Jasa Keuangan dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.; Kategori Bidang Kesehatan: PT Indofarma Tbk. dan PT Etana Biotechnologies Indonesia; Kategori Bidang Inkubasi Bisnis: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Indofood Sukses Makmur Tbk., Pemerintah Kabupaten Banyuasin; Kategori Bidang Ketenagakerjaan: Kementerian Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan; Kategori Bidang Energi dan Energi Baru Terbarukan: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sementara, 5 pemenang kategori khusus yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Gubernur Jawa Barat.

Hadir dalam acara ini, di antaranya Direktur Utama PT. Pelni (Persero) Tri Andayani, dan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda. Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Mohamad Nasir, serta Plt. Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono.

Sumber: Kabar24.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.