Waspada Corona, Menag: Tak Usah Terima Tamu Saat Idul Fitri

0
320
Fachrul Razi

TNews, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan masyarakat tidak menerima tamu terlebih dahulu saat Idul Fitri di tengah pandemi virus Corona. Dia khawatir masih banyak orang tanpa gejala (OTG) yang tidak terdeteksi.

“Menyarankan supaya berlebaran di rumah saja bersama keluarga inti, tidak usah ke mana-mana, dan juga tidak usah menerima tamu. Karena kembali, kita tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak sekarang orang tanpa gejala,” kata Fachrul melalui siaran langsung di YouTube BNPB, Kamis (21/5/2020).

Fachrul mengimbau masyarakat untuk silaturahmi secara online. Menurutnya, silaturahmi bukan perkara bertemu secara fisik tapi soal kedekatan batin.

“Silaturahmi dapat kita lakukan dengan melalui medsos saja, banyak medsos yang tersedia sekarang contoh melalui HP pun bisa. Karena memang bermaafan silaturahmi tidak harus ketemu fisik, silaturahmi terjadi bukan karena kedekatan fisik tapi karena kedekatan batin dan hati,” ungkap Fachrul.

Meski merayakan hari raya di rumah bersama keluarga, Menag mengajak semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Perlu saya garisbawahi supaya betul-betul dalam situasi itu kita menaati benar protokol kesehatan meskipun kita beribadah di rumah saja kemudian bersilaturahmi via medsos tetapi ketentuan-ketentuan protokol kesehatan tetap wajib kita lakukan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Menag menyampaikan sejumlah pesan menyambut Idul Fitri tahun 2020 di tengah pandemi virus Corona. Fachrul menegaskan di antaranya bahwa mudik tetap dilarang dan salat Id dilaksanakan di rumah.

“Saya pesankan tadi saya simpulkan tujuh hal, satu COVID-19 tidak boleh mengurangi kegembiraan kita dalam merayakan kemenangan, kedua jangan mudik saya garis bawahi kembali, kemudian ketiga takbir dari rumah saja dan masjid-musala menggaungkan takbir melalui loud speaker-nya, kemudian salat Id di rumah sehingga akhirnya tidak ditinggalkan bisa kita lakukan bersama keluarga inti, kemudian Lebaran di rumah saja silaturahmi kita lakukan via media sosial, kemudian taati betul protokol kesehatan,” kata Fachrul.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.