Wawako Gunungsitoli Sowa’a Laoli Buka Resmi Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025

0
42
Gambar : Wawako Gunungsitoli Sowa'a Laoli, Buka Secara Resmi Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025, (20/12/2023).

TNews, GUNUNGSITOLI – Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si membuka secara resmi Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gunungsitoli Tahun 2025. Mengusung tema “Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembangunan Infrastruktur Strategis dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah,” forum digelar di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Gunungsitoli. Rabu, (20/12/2023).

Wakil Wali Kota menyampaikan bahwa forum RKPD pada hakikatnya merupakan forum strategis antara perangkat daerah, pemangku kepentingan dan perwakilan masyarakat dalam rangka penyempurnaan RKPD tahun 2025.

Dijelaskannya, arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2025 adalah penguatan ekonomi serta pengembangan infrastruktur kewilayahan strategis untuk mendukung perekonomian masyarakat dengan fokus pembangunan yang diarahkan pada pembangunan sektor ekonomi kreatif berbasis potensi lokal, peningkatan kualitas, dan daya saing ketenagakerjaan, peningkatan produktivitas sektor jasa dan perdagangan, industri rumah tangga, serta UMKM, pembangunan infrastruktur strategis daerah, peningkatan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan, peningkatan kualitas sarana dan prasarana layanan kesehatan, peningkatan birokrasi tata kelola pemerintahan berbasis digital dan keberpihakan terhadap kaum perempuan dan anak dalam setiap implementasi kebijakan daerah.

“Melalui forum ini, Saya berharap agar penetapan RKPD untuk tahun 2025 diselaraskan dengan arah kebijakan dan tema pembangunan Kota Gunungsitoli tahun 2025 serta fokus pembangunan yang telah ditetapkan. Pemerintah daerah diperhadapkan pada kebijakan pemerintah pusat yang telah mengatur pemanfaatan Dana Alokasi Umum, maka diperlukan penajaman skala prioritas dan perencanaan yang terukur, mengingat tuntutan terhadap pembangunan yang berkeadilan merupakan aspek yang wajib diimplementasikan dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan daerah,” jelas Wakil Wali Kota mengakhiri arahannya.*

Reporter : Kris Laoli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.