Oktober, Curah Hujan Diperkirakan Mulai Intens

0
296
Pansel Perpanjang Pendaftaran
Refly Mokoginta

TNews, KOTAMOBAGU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu menghimbau masyarakat agar waspada bencana. Pasalnya, pada Oktober ini curah hujan diperkirakan mulai intens. Hal ini dikatakan Kepala BPBD, Refly Mokoginta, Selasa (08/10/2019). “Ini bentuk antisipasi, selain berbagai infrastruktur yang terus ditingkatkan, serupa drainase di antara Sinindian Kotabangun dan beberapa yang lainnya,” ucapnya.

Menurutnya, potensi banjir biasa terjadi akibat kiriman dari daerah tetangga. “Yang paling berpotensi itu di Kecamatan Kotamobagu Barat, biasa ada kiriman luapan air dari Boltim atau Bolmong,” katanya.
Dijelaskannya, berdasarkan data BMKG, diperkirakan Kota Kotamobagu bulan Oktober sudah mulai peralihan musim kemarau ke musim penghujan. ”Jadi bagi masyarakat terutama yang tinggal di daerah aliran sungai untuk menjaga kebersihan dan jangan buang sampah di sungai atau selokan, juga kepada orangtua untuk memperhatikan anak- anak agar tidak bermain di saluran drainase yang setiap saat debit air akan besar bila hujan turun bisa menghanyutkan,” Imbaunya
“Begitu juga bagi warga yang tinggal disekitar lereng pegunungan untuk waspada terhadap bahaya longsor ketika hujan, sebab selama musim kemarau lalu, tanah di pegunungan merenggang dan mudah longsor” sambungnya.
Dirinya menambahkan BPBD sendiri telah mendirikan posko siaga bencana serta memberikan info prakiraan cuaca dan info tentang kebencanaan. ”Jadi jika terjadi bencana agar masyarakat segera melapor,” pungkasnya.
Neno Karlina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.