5 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mempertahankan Kebugaran Tubuh pada Lansia

0
48
Ilustrasi Olahraga untuk Lansia

TNews, OLAHRAGA – Mempertahankan kebugaran tubuh merupakan hal yang penting bagi siapa saja, termasuk para lansia.

Berolahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta memperpanjang harapan hidup. Namun, memilih jenis olahraga yang tepat bagi lansia tidaklah mudah. Berikut ini adalah 5 jenis olahraga yang efektif dan aman untuk dilakukan oleh lansia guna menjaga kebugaran tubuh mereka.

Dengan berolahraga, orang yang sudah lanjut usia bisa semakin aktif dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Ada beberapa olahraga untuk lansia yang bisa dilakukan baik di rumah maupun di tempat latihan khusus. Bentuk olahraga ini akan memiliki proporsi latihannya yang lebih dibatasi dan berbeda dengan orang yang lebih muda.

Pada umumnya, olahraga yang baik dilakukan lansia adalah olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang. Olahraga berat dan dalam waktu yang singkat sangat tidak dianjurkan mengingat fungsi-fungsi tubuh lansia yang sudah tidak sebaik pada saat muda.

Berikut beberapa jenis olahraga yang ideal untuk lansia.

  1. Jalan Cepat

Jalan cepat adalah jenis latihan aerobik yang lebih rendah dibandingkan joging, tetapi tetap merupakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk lansia. Jalan cepat mampu meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot.

Dibandingkan dengan joging, jalan cepat juga tidak terlalu berdampak pada persendian. Jadi, jika lutut atau pergelangan kaki sudah cukup lemah, jalan cepat akan menjadi pilihan olahraga yang jauh lebih baik daripada joging.

  1. Bersepeda

Bersepeda juga termasuk latihan aerobik yang baik untuk kesehatan jantung lansia. Lansia bisa bersepeda statis yang tersedia di pusat kebugaran atau bersepeda sambil mencari udara segar di luar ruangan. Selain tidak berdampak pada persendian, kemungkinan cederanya juga kecil.

  1. Berenang

Latihan aerobik lainnya yang baik untuk lansia adalah berenang. Berenang tidak akan membuat persendian bekerja terlalu keras karena beban tubuh ditopang oleh air. Berenang juga menjadi pilihan olahraga yang bagus bagi mereka yang mengidap radang sendi dan osteoporosis.

  1. Yoga Kursi

Seperti berenang, yoga kursi adalah bentuk latihan dengan intensitas yang rendah. Olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot, mobilitas, keseimbangan, dan fleksibilitas, yang semuanya merupakan aspek kesehatan penting bagi lansia.

Yoga kursi adalah bentuk yoga yang lebih memudahkan karena memberikan lebih sedikit tekanan pada otot, sendi, dan tulang daripada yoga konvensional. Olahraga ini juga telah terbukti meningkatkan kesehatan mental pada lansia. Lansia yang melakukan yoga kursi biasa memiliki kualitas tidur yang lebih baik, tingkat depresi yang lebih rendah, dan melaporkan rasa sejahtera secara umum.

  1. Peregangan

Peregangan sebaiknya dilakukan setiap hari karena ini adalah latihan penting untuk menjaga kondisi otot lansia yang semakin mengendur. Peregangan bisa dilakukan menggunakan alat seperti rubber untuk melatih semua otot di tubuh. Mulai dari leher, punggung, dada, perut, samping, lengan, paha, dan betis.

Peregangan di bagian persendian di tubuh secara teratur akan membuat sendi tidak kaku, seperti bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.*

Sumber: Halodoc.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.