6 Jenis Olahraga yang Bisa Membantu Meningkatkan Berat Badan dengan Sehat

0
35
Ilustrasi Jenis Olahraga yang Bisa Membantu Meningkatkan Berat Badan dengan Sehat.

TNews, OLAHRAGA – Banyak orang berjuang untuk menambah berat badan dan mencapai bentuk tubuh yang ideal. Salah satu cara yang efektif untuk menambah berat badan adalah dengan melakukan olahraga yang tepat. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa membantu meningkatkan massa otot dan berat badan secara sehat. Nah, dalam artikel ini ada enam pilihan olahraga yang bisa Kamu pertimbangkan untuk menambah berat badan.

Kamu bisa dikatakan mengalami kekurangan berat badan (underweight) jika memiliki nilai indeks massa tubuh di bawah 18,5. Meski banyak yang mendambakan tubuh kurus, kondisi kekurangan berat badan tergolong tidak sehat karena dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan gigi dan tulang, penurunan fungsi paru, hingga gangguan kesuburan.

Beragam Olahraga untuk Menambah Berat Badan

Ada dua jenis olahraga untuk menambah berat badan, yaitu olahraga yang menggunakan beban tubuh (bodyweight exercise) dan olahraga yang menggunakan alat.

Bodyweight exercise merupakan metode yang paling populer untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh tanpa menggunakan alat khusus.

Sementara itu, olahraga yang menggunakan alat, seperti Dumbbell, Barbell, atau Kettlebell, dapat meningkatkan kekuatan dan tonus otot, serta memberikan pengalaman berbeda dalam aktivitas olahraga Kamu.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga untuk menambah berat badan yang menggunakan beban tubuh dan alat khusus:

  1. Tricep Dips

Olahraga untuk menambah berat badan ini termasuk dalam Bodyweight Exercise yang bertujuan untuk membentuk otot lengan dan bahu.

Kamu dapat mengulangi gerakan Tricep Dips ini sebanyak 3 set, dengan 10 kali pengulangan untuk setiap set. Namun, olahraga ini sebaiknya tidak dilakukan jika Kamu mengalami nyeri di area siku dan bahu.

  1. Push Up

Sama seperti Tricep Dips, Push Up juga termasuk Bodyweight Exercise yang dapat membentuk otot tubuh bagian atas, seperti lengan dan bahu.

Olahraga untuk menambah berat badan yang satu ini bisa Kamu lakukan berulang kali, sesuai dengan kekuatan tubuh. Ingat, lakukanlah Push Up dengan cara yang benar.

  1. Pull Up

Bodyweight Exercise yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan palang tumpuan seperti kerangka pintu rumah (kusen). Otot yang akan terbentuk dari olahraga untuk menambah berat badan ini adalah otot pada bagian lengan dan bahu.

Gerakan ini dapat diulangi sebanyak yang diinginkan dan sesuai dengan ketahanan tubuh Kamu.

  1. Dumbbell Shoulder Squat

Tiga olahraga untuk menambah berat badan di atas dilakukan hanya dengan memanfaatkan beban tubuh, tetapi Shoulder Squat dilakukan dengan bantuan alat, yaitu Dumbbell. Gerakan ini bertujuan untuk memperkuat otot paha depan, paha belakang, pinggul, dan bahu.

Gunakan Dumbbell yang ringan jika Kamu baru melakukan olahraga untuk menambah berat badan ini. Kamu juga bisa mengganti Dumbbell dengan sepasang botol yang telah diisi dengan air.

  1. Traditional Flat Bench Press

Untuk melakukan olahraga ini, Kamu memerlukan Barbell dan bangku yang datar. Traditional Flat Bench Press menjadi salah satu gerakan olahraga untuk menambah berat badan yang baik karena dapat melatih otot dada, bahu, dan lengan.

Gerakan ini dapat dilakukan hingga 3 set, dengan 5–10 pengulangan untuk setiap set.

  1. Kettlebell Swing

Sesuai namanya, olahraga ini menggunakan alat bantu berupa Kettlebell untuk membangun kekuatan otot dan daya tahan. Kettlebell swing dapat menguatkan seluruh otot tubuh, sehingga menjadi salah satu gerakan olahraga untuk menambah berat badan.

Kamu harus menggunakan kekuatan pinggul, bukan kekuatan lengan, agar Kettlebell terasa ringan saat diangkat ke atas. Gerakan Kettlebell Swing ini dapat diulangi hingga 16 kali atau sesuai dengan kekuatan tubuh.*

Sumber: alodokter.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.