6 Tips Gym untuk Hasil yang Lebih Baik Bagi Pemula

0
13
Ilustrasi 6 Tips Gym untuk Hasil yang Lebih Baik Bagi Pemula

TNews, OLAHRAGA – Mengunjungi Gym untuk pertama kali bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan sekaligus menakutkan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mencari tips bagi pemula Gym untuk memastikan hasil yang efektif dari sesi pelatihan mereka.

Sebenarnya, keanggotaan Gym biasanya mencakup pengenalan dengan pelatih pribadi yang ahli. Jadi, Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebaik-baiknya, dengan banyak berkonsultasi dengan pelatih di Gym. Biasanya, pelatih akan dengan ramah memberi panduan dan saran yang berguna.

Setiap orang memiliki alasan berbeda untuk bergabung dengan Gym. Bagi yang belum pernah berolahraga di Gym sebelumnya, mungkin rasa khawatir muncul ketika akan menggunakan peralatan yang ada. Hal ini wajar, tetapi sebaiknya tidak menyurutkan semangat Kamu untuk disiplin berolahraga, ya.

Bila Kamu masih pemula, cobalah untuk fokus pada teknik tetapi jangan terburu-buru. Beristirahatlah selama 60-90 detik di antara setiap set, tetapi teruslah lakukan gerakan ringan seperti jalan santai agar otot tetap hangat dan detak jantung meningkat. Idealnya, lakukan latihan dalam urutan yang tercantum.

Ada banyak cara pelatihan dan semuanya bisa bermanfaat tergantung pada tujuan Kamu. Bagaimana cara Kamu memilih untuk berlatih, ada beberapa tips Gym untuk pemula yang dapat dilakukan untuk membantu mendapatkan hasil maksimal dari latihan, yaitu:

  1. Tetapkan Tujuan dengan Jelas

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebagai tips Gym bagi pemula adalah meluangkan waktu untuk menetapkan tujuan dengan jelas. Mengapa Kamu ingin nge-gym?

Bagaimana Kamu akan memasukkan olahraga di Gym ke dalam gaya hidup Kamu? Setelah mengetahui jawabannya, lakukan saja semua yang bisa dilakukan.

  1. Coba Mulai dengan 30 Menit sebanyak 3 Kali dalam Seminggu

Jika Kamu baru memulai pergi ke Gym, jangan terlalu memaksakan diri. Cobalah mulai dengan tiga hari seminggu, selama 30 menit saja. Pastikan bahwa Kamu melatih diri dengan aman dan efektif. Kemudian, setelah minggu keempat, coba tambahkan 30 menit lagi setiap minggu.

  1. Perhatikan Apa yang Kamu Makan

Terutama jika tujuan Kamu adalah menurunkan berat badan, ingatlah prinsip dasarnya adalah lebih banyak kalori yang digunakan ketimbang yang masuk. Jika Kamu berlatih untuk mendapatkan otot, jenis makanan yang Kamu makan juga sangat penting. Tambahkan makanan tinggi protein, dan kurangi makanan tinggi lemak.

  1. Lakukan Pemanasan dengan Benar

Dalam hal menghangatkan tubuh di awal latihan, peregangan berbasis gerakan (juga dikenal sebagai dinamis) adalah yang terbaik. Artinya, segala sesuatu yang melibatkan tidak berdiri diam atau menurunkan detak jantung, misalnya Lunge, Walk Out, gerakan Yoga sederhana atau pekerjaan kardiovaskular seperti berjalan, Cross Trainer atau Stair Master.

  1. Jangan Lupa untuk Melakukan Pendinginan

Pendinginan setelah sesi olahraga sama pentingnya dengan pemanasan. Jadi, jangan sampai Kamu melewatkannya, ya. Ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba dan melepas lelah serta melemaskan beberapa area kaku yang baru saja diperjuangkan untuk dilonggarkan.

  1. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Bersedialah terlihat konyol dan membuat kesalahan tanpa menghakimi diri sendiri. Teruslah mencoba, dan dengan setiap latihan Kamu akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Ingat, tujuannya adalah kemajuan, bukan kesempurnaan.

Jadi, jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain yang ada di Gym. Orang lain mungkin bergerak dengan mulus dan tampaknya memiliki kekuatan “manusia super”.

Namun, ingatlah bahwa mereka juga pernah menjadi pemula. Jangan bandingkan bab satu Kamu dengan bab sebelas orang lain, ya.

Itulah beberapa tips gym untuk pemula yang bisa Kamu coba. Memulai olahraga di Gym, seperti melakukan sesuatu yang baru, bisa sangat menegangkan. Jalanilah dengan perlahan dan bertahap, jangan terlalu keras pada diri sendiri, dan jangan sungkan minta panduan dari ahlinya.*

Sumber: halodoc.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.