8 Teknik Efektif untuk Melawan Kebiasaan Malas Berolahraga

0
17
Ilustrasi Teknik Efektif untuk Melawan Kebiasaan Malas Berolahraga.

TNews, OLAHRAGA – Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan malas seringkali membuat orang sulit untuk rutin berolahraga. Padahal, berolahraga secara teratur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Jangan khawatir, ada beberapa teknik efektif yang dapat membantu Kamu melawan kebiasaan malas berolahraga. Dalam artikel ini, Kami akan membahas 8 teknik tersebut, mulai dari repetisi kecil hingga menjadwalkan rutinitas olahraga dalam agenda harian. Dengan mengikuti teknik-teknik ini, diharapkan Kamu dapat mengatasi kebiasaan malas dan mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Cara agar tidak malas berolahraga

Jadi, tips apa saja yang bisa dicoba sebagai cara agar tidak malas berolahraga?

  1. Mulai dari repetisi sedikit

Kamu Tak perlu memasang target bisa melakukan berapa kali repetisi atau membakar berapa ratus kalori. Faktanya, melakukan hanya 10 kali gerakan saja sudah jauh lebih baik ketimbang rebahan saja!

Ketika sudah mulai terbiasa, akan muncul persepsi bahwa repetisi 10 kali ini terlalu ringan, and it’s time to step up the game. Kuncinya? Konsistensi.

  1. Berdiri setiap jam

Tanpa disadari, pagi berganti siang, dan tiba-tiba malam datang. Sudah berapa kali Kamu beranjak dari depan laptop atau meninggalkan kasur empuk? Jika hanya sesekali saat harus ke toilet, saatnya mengubah kebiasaan malas olahraga ini.

Caranya, pasang alarm untuk berdiri setiap jamnya. Bahkan ketika sedang menonton televisi pun, tak masalah sambil bergerak seperti berjalan di tempat atau ke kanan dan kiri. Kebiasaan ini akan membuat Kamu jauh lebih sehat ketimbang seharian hanya berbaring saja.

  1. Temani dengan musik

Bisa saja, cara membiasakan olahraga untuk orang malas adalah dengan menambahkan musik sebagai teman bergerak. Memutuskan untuk berlari atau jalan pagi? Pasang headset dan mulai putar playlist lagu penyemangat hari Kamu.

Bahkan ketika terbawa suasana, Kamu bisa saja tak sadar sudah menghabiskan lebih dari 15 menit bergerak di luar rumah. Tak harus musik, podcast favorit Kamu juga bisa menemani saat berolahraga di luar.

  1. Kenali rasa lelah

Alasan terbesar ketika merasa malas berolahraga adalah berdalih sedang lelah. Padahal, kenali dulu lelah Kamu. Apakah benar lelah fisik atau justru lelah mental? Sebab, rasa lelah mental ini terasa sangat mirip dengan lelah fisik.

Padahal, ketika mulai berhasil menerapkan cara agar tidak malas berolahraga, akan ada hormon endorfin pemicu semangat. Di saat inilah kondisi berkeringat dan lelah ini justru sangat ampuh mengusir kelelahan mental.

  1. Siapkan jadwal dan alat

Kadang, 24 jam terasa tidak cukup. Menuntaskan pekerjaan saja tidak berhasil, apalagi menyelipkan waktu olahraga di tengah-tengahnya? Mungkin begitu yang sering muncul di benak mereka yang malas olahraga.

Ada cara jitu untuk mengatasinya. Alokasikan waktu sebagai jadwal berolahraga. Jika tak ingin merasa bingung, pilih satu hari yang sama setiap minggunya sebagai jadwal untuk berolahraga.

Kemudian, jangan lupa persiapkan alat yang mendukung sesuai dengan olahraganya. Tak harus mewah, tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Alat yang ada di rumah terkadang sudah cukup mendukung Kamu agar semangat berolahraga.

  1. Jangan beri jeda

Terkadang, sekadar memberi jeda untuk istirahat atau bersandar selama beberapa menit bisa menggagalkan rencana berolahraga. Sebagai contoh ketika ingin memulai hari dengan berolahraga namun justru scrolling Instagram, bisa-bisa waktu 1-2 jam berlalu begitu saja.

Justru sebaliknya. Ketika bangun tidur, gosok gigi dan pakai baju olahraga. Dengan demikian, tekad untuk aktif bergerak pun kian bulat dan Kamu sudah berhasil mengusir satu halangan berolahraga.

  1. Jadikan me-time

Apakah waktu berolahraga selama ini terkesan mengintimidasi dan menjadi sumber ketakutan? Coba ubah kerangka berpikirnya. Justru, bisa aktif bergerak adalah kemewahan. Sebuah privilege yang belum tentu semua orang miliki. Jadi, manfaatkanlah sebaik-baiknya.

Sejenak mengalihkan tubuh dan pikiran dari pekerjaan atau mengurus anak bisa jadi wadah me-time yang menyenangkan. Dengan mengubah kerangka berpikir ini menjadi lebih positif, tentu kebiasaan malas berolahraga bisa diusir jauh-jauh.

  1. Fokus pada proses

Jika target berolahraga adalah menurunkan sekian kilogram atau target lainnya, terkadang ini justru membuat konsistensi kendur. Sebaliknya, fokuslah pada prosesnya seperti durasi atau frekuensi berolahraga dalam sepekan.

Ini penting mengingat hasil akhir adalah hal yang relatif sulit dikendalikan. Sementara fokus pada langkah-langkah apa saja yang dilakukan akan memberikan pilihan metode konkret demi menjalani gaya hidup lebih sehat.*

Sumber: SehatQ.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.