Berikut adalah 6 Cara Alami untuk Meredakan Nyeri Otot Pasca Latihan

0
20
Ilustrasi 6 Cara Alami untuk Meredakan Nyeri Otot Pasca Latihan

TNews, OLAHRAGA – Jika otot Kamu terasa pegal hari ini setelah berolahraga kemarin, anggap saja itu pertanda baik. Kamu mungkin mengalami nyeri otot onset tertunda (DOMS), atau nyeri otot pasca latihan. Ini merupakan indikasi bahwa Kamu telah berolahraga cukup keras hingga menyebabkan robekan kecil pada serat otot Kamu.

Ini bisa terjadi saat kamu meningkatkan intensitas, frekuensi, atau durasi olahraga, atau saat mencoba olahraga baru. Saat otot sembuh, biasanya otot akan menjadi lebih besar dan lebih kuat, sehingga akan membuka jalan ke tingkat kebugaran berikutnya.

Namun, bagaimana cara mengatasi atau mempercepat pemulihan nyeri otot pasca olahraga secara alami? Simak berikut ini.

Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga

Nyeri otot pasca olahraga biasanya dimulai dalam 12 hingga 24 jam setelah latihan yang berat dan mencapai puncaknya antara 24 hingga 72 jam. Rasa sakit biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

Namun, ada beberapa trik yang dapat dicoba untuk membantu meringankan rasa sakit, yaitu:

  1. Minum Air yang Cukup

Tetap terhidrasi adalah aspek penting dari pemulihan otot. Air membuat cairan bergerak melalui sistem tubuh, yang meredakan peradangan, membuang produk limbah, dan memberikan nutrisi ke otot. Jadi, penting untuk minum air yang cukup setelah olahraga.

  1. Konsumsi Protein setelah Latihan Intens

Dengan memberi makan otot nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan tumbuh kembali lebih kuat, mu mungkin dapat mempercepat proses pemulihan nyeri otot.

Sebaiknya konsumsi 20 hingga 40 gram protein dan 20 hingga 40 gram karbohidrat dalam waktu 30 menit setelah latihan yang intens atau panjang. Pilihannya bebas, tapi pastikan memilih yang sehat dan rendah lemak.

Protein penting untuk asam amino yang dibutuhkan untuk membangun kembali otot. Sementara karbohidrat memainkan peran utama dalam mengisi kembali simpanan bahan bakar yang digunakan otot selama olahraga.

  1. Jangan Malas Gerak

Saat mengalami nyeri otot pasca olahraga, Kamu mungkin ingin berbaring seharian di kasur dan malas-malasan. Namun, sebenarnya menggerakkan tubuh bisa membuat Kamu merasa lebih baik.

Triknya adalah melakukan olahraga atau latihan yang ringan. Misalnya berenang atau mengendarai sepeda, selama sekitar satu jam.

  1. Istirahat yang Cukup

Istirahat memberi tubuh kesempatan untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengisi kembali energi. Hari kedua setelah latihan yang intens bisa menjadi yang terberat. Jadi, pastikan untuk istirahat yang cukup, dan lakukan hanya olahraga atau aktivitas fisik yang ringan saja.

  1. Kompres Hangat

Jika nyeri otot masih terasa setelah 48 jam, coba kompres hangat. Ini dapat merangsang aliran darah ke otot untuk meredakan ketegangan dan membantu Kamu merasa lebih baik.

Cobalah handuk hangat atau bantal pemanas. Namun, hati-hati jangan terlalu panas, untuk mencegah terjadinya luka bakar dan otot yang justru meradang lebih lanjut. Hindari kontak langsung dengan perangkat pemanas apa pun.

  1. Dapatkan Pijatan

Pijatan dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan rentang gerak pada persendian. Ini juga merupakan pengangkat suasana hati yang hebat.

Saat nyeri otot melanda, pijatan lembut adalah yang terbaik. Pilih salah satu jenis pijat yang menggunakan tekanan ringan, seperti pijat Swedia. Ini lebih baik untuk pemulihan daripada pijat jaringan dalam. Kamu juga bisa coba akupresur titik nyeri.*

Sumber: halodoc.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.