Cara Jaga Massa Otot Tetap Sehat

0
332
Loading...

TNews, OLAHRAGA – Pada usia 40 tahun, seseorang bakal mulai kehilangan massa otot hingga 8 persen setiap dekadenya. Hal ini kemudian menjadi lebih parah pada usia 70 tahun ketika massa otot berkurang hampir dua kali lipat.

Berkurangnya massa otot ini bisa membuat seseorang jadi kesulitan untuk bergerak dan beraktivitas. Menurut Dr. dr. C. Heriawan Soejono, Sp. PD., K. Ger., M. Epid, spesialis penyakit dalam, massa otot yang sehat dapat memberikan kekuatan untuk melakukan aktivitas normal, mampu memberikan bentuk postur tubuh yang sehat, hingga mampu memulihkan ketika cedera.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan massa otot agar tetap berfungsi dengan baik hingga usia tua nanti. Lalu bagaimana cara menjaga massa otot tetap sehat? Dr. dr. Heriawan menyampaikan sesoerang harus memenuhi jumlah nutrisi yang lengkap dan seimbang dan pemenuhan asupan protein harian yang disarankan adalah 1,2 gram – 2,2 gram/kg BB/hari.

“Pentingnya mempertahankan jumlah dan kualitas asupan protein untuk menunjang massa otot lebih sehat. Serta mengandung tiga jenis protein berkualitas tinggi seperti Casein yang mengandung gluatamin unntuk mengingkatkan glukosa, soy, dan whey. Dengan tiga jenis protein tersebut menjamin ketersediaan asam amino untuk sintesis protein,” ujarnya.

Cara Lainnya

Selain protein, olahraga teratur juga dapat membuat massa otot lebih sehat.

“Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan namun rutin seperti poco-poco bisa dilakukan. Dan jangan pula melakukan olahraga secara berlebihan,” terangnya.

Serta, menurut dr. Heriawan, hindari untuk melakukan gerakan-gerakan yang berlebihan agar tidak merusak otot.

“Gejala kerusakan otot seperti lemas dan tidak bisa melakukan aktiviatas dengan baik,” tandasnya.

 

Sumber: Merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.