Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

0
16
Indonesia tuan rumah kejuaraan dunia wushu 2022 ( foto: kompas )

TNews, OLAHRAGA – PB Wushu Indonesia mematok target meraih empat medali emas dalam Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 yang akan berlangsung pada 3-11 Desember di Tangerang, Banten.

Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah. Pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah pada 2008 atau edisi kedua. Ini merupakan Kejuaraan Wushu Junior pertama setelah absen panjang karena pandemi Covid-19, yakni terakhir kali pada 2018.

Direktur Eksekutif 8th World Junior Wushu Championship 2022, Gunawan Tjokro mengatakan target minimal Indonesia adalah meraih empat medali emas. Empat emas itu diproyeksi dari nomor taolu dan sanda.

“Target kita apa? Target kita ada dua. Pertama kita ingin sukses sebagai pelaksana. Kita ingin peserta yang hadir pulang dengan kesan baik. Yang kedua kita ingin atlet kita meraih prestasi,” kata Gunawan dalam jumpa pers di Jakarta Barat, Selasa (13/9).

Tema yang diusung adalah ‘Road to Olympic’. Maksudnya anak-anak yang tampil akan dipersiapkan tampil di Olimpiade Junior sambil terus mengupayakan cabang olahraga wushu dipertandingkan dalam Olimpiade 2028. Jika itu tercapai, Indonesia telah punya bibit untuk bersaing.

Sejauh ini, 46 negara dipastikan ambil bagian. Jumlahnya diyakini akan terus bertambah. PB WI bahkan yakin ajang kali ini akan memecahkan rekor peserta dan negara yang ikut, yaitu mencapai 70. Bahkan Rusia telah dipastikan mengirim kontingen.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB WI Ngatino mengatakan ada 24 atlet yang dipersiapkan tampil di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 ini. Mereka ini dijaring dari sejumlah daerah dan telah dipersiapkan sejak tiga bulan sebelumnya.

“Saat ini ada 28 atlet yang kami siapkan. Itu belum final. Nanti dipastikan setelah kejuaraan nasional dan kejuaraan di Surabaya serta Piala Presiden. Setelah itu baru daftar atlet yang akan tampil akan kami umumkan,” ucap Ngatino.

Dalam jumpa pers tersebut sekaligus pula diumumkan logo dan maskot kejuaraan dunia. Badak Jawa dipilih menjadi maskot karena merupakan hewan endemik di Banten. Diharapkan dari ajang ini nama Banten itu terkatrol popularitasnya.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.