Ini 7 Manfaat Berselancar bagi Kesehatan Tubuhmu!

0
307

 

TNews, OLAHRAGA – Indonesia dikenal sebagai surga bagi para peselancar. Tak terhitung betapa banyaknya pantai yang memiliki ombak besar nan menantang. Mulai dari Pantai Sorake, Nias sampai Uluwatu, Bali adalah spot surfing ternama yang dikenal oleh turis mancanegara. Tak sedikit pula atlet selancar yang mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Nah ternyata, berselancar juga punya segudang manfaat bagi kesehatan, lho. Apa saja keuntungannya? Check this out!

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Berselancar adalah latihan kardiovaskular yang bagus. Sebagian besar otot tubuh bagian atas digunakan untuk mengayuh ombak dan otot kaki berguna untuk memandu papan untuk berselancar di atas ombak, ungkap laman Health Fitness Revolution. Mendayung melawan ombak membutuhkan banyak usaha dan baik bagi kesehatan jantung.

Berselancar baik untuk mengatur pernapasan serta bagus untuk melatih otot punggung atas dan otot bahu. Berselancar akan menurunkan tekanan darah dan denyut jantung serta mengurangi risiko serangan jantung, stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan kardiovaskular.

  1. Memperkuat otot bahu dan otot punggung

Sebelum berselancar di atas ombak, kita harus mendayung papan selancar terlebih dahulu hingga ke tengah laut. Gerakan mendayung ini dapat memperkuat otot lengan, bahu dan punggung. Ini adalah gerakan berulang yang berkontribusi untuk memperkuat otot tubuh bagian atas, ungkap laman Vivida Lifestyle.

Selain itu, posisi telentang sambil berbaring telungkup di papan melibatkan otot lumbar yang berfungsi untuk memperkuat punggung secara keseluruhan. Bagi para peselancar, penting untuk memiliki punggung kuat, fleksibel dan punya daya tahan yang baik.

  1. Efektif untuk membakar kalori

Karena memerlukan kinerja seluruh otot tubuh, tak heran jika berselancar efektif untuk membakar kalori. Rata-rata orang yang berselancar selama 30-60 menit dapat membakar antara 130-260 kalori, terang laman Vivida Lifestyle. Jumlah kalori ini setara dengan satu potong brownies cokelat berukuran 2 inci.

Memang, jumlah kalori yang terbakar tergolong lebih sedikit dibanding olahraga air lainnya, seperti arung jeram yang membakar 400 kalori per jam, snorkeling yang membakar 420 kalori per jam, ski air yang membakar 500 kalori per jam atau berenang yang membakar 800 kalori per jam. Namun, apa salahnya mencoba, kan?

  1. Menambah asupan vitamin D

Karena dilakukan di tempat terbuka di mana sinar matahari menyinari seluruh tubuh, tak heran jika berselancar bisa menambah asupan vitamin D. Vitamin D yang didapat dari berselancar sangat penting untuk membantu memperkuat tulang dan mengatur jumlah kalsium serta fosfor dalam darah, terang laman Vivida Lifestyle.

Di sisi lain, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan lemas, kelelahan dan suasana hati yang buruk. Sementara, mendapat pasokan vitamin D yang cukup berguna untuk mengatur ritme sirkadian dan melepaskan hormon bahagia. Vitamin D juga mengatur pertumbuhan sel kulit dan menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

  1. Dapat meningkatkan kualitas tidur

Siapa sangka kalau berselancar bisa meningkatkan kualitas tidur kita? Faktanya, berselancar dapat meningkatkan kadar melatonin yang bisa membantu mempertahankan pola tidur yang sehat serta mendorong tidur lebih cepat dan nyenyak.

Latihan fisik juga membantu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memperbaiki kualitas tidur dan menjadikan tubuh lebih bugar keesokan harinya, jelas laman Health Fitness Revolution. Kita pun bisa terbangun dengan perasaan yang segar, deh!

  1. Dapat meningkatkan sistem imun kita

Merendam diri dalam air dingin disebut-sebut memiliki segudang manfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan sistem imun. Berselancar dapat memunculkan perasaan segar dan melepaskan hormon stres. Tekanan air dingin bersifat anti inflamasi dan dapat meredakan ketegangan, sakit kepala dan nyeri, ungkap laman Vivida Lifestyle.

Suhu air laut umumnya lebih dingin dari suhu tubuh manusia. Oleh karena itu, berendam dalam air dingin dalam waktu yang lama bisa membuat kita merasa nyaman dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Berselancar juga bisa menghilangkan stres!

Terakhir, berselancar bisa meredakan stres, lho! Kombinasi latihan fisik, berada di alam serta melakukan sesuatu yang menyenangkan dan menantang bisa melepaskan hormon stres seperti kortisol dan memunculkan hormon endorfin. Hormon endorfin sendiri adalah penghilang rasa sakit alami dan bisa meningkatkan suasana hati. It’s a good thing, right?

Jadi, pertimbangkan untuk berselancar jika kita terus-menerus merasa cemas, tertekan dan memiliki masalah tidur. Apalagi, bagi kamu yang beruntung memiliki tempat tinggal yang dekat dengan pantai. Because surfing can heal your pain! Just try it!

Nah, itulah 7 manfaat berselancar bagi kesehatan. Gimana, semakin tertarik untuk berselancar?

 

Sumber : idntimes.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.