Ini Manfaat Olahraga Berkuda Bagi Kesehatan

0
1340

TNews, Olahraga – Berkuda merupakan jenis olahraga yang memerlukan keterampilan khusus dimana penunggang kuda harus dapat mengasai kondisi saat berada diatas kuda, jika tidak kejadian fatal seperti patah tulang akan terjadi saat terjatuh dari kuda. Olahraga kuda lebih disebut dengan pacuan kuda yang sudah ada sejak zaman dahulu. Di Negara Negara maju olahraga pacuan kuda suudah menjadi suatu olahraga yang memiliki banyak penggemar khususnya bagi mereka yang termasuk kalangan orang atas. Di Indonesia olahraga pacuan kuda juga bias dinikmati, akan tetapi tidak semua kalangan bias menikmatinya dan kuda hanya terdapat di beberapa daerah di Indonesia saja sehingga olahraga ini minim untuk dijadikan sebagai olahraga.

Olahraga kuda memang sangat popular di Negara Eropa tetapi kini Asia mulai mematenkan olahraga kuda sebagi olahraga yang wajib diselenggarakan jika mengadakan sebuah kompetisi besar apalagi mewakili sebuah Negara. Dalam berolahraga kuda sekilas jika dilihat sangat mudah untuk mengendarai hewan satu ini, akan tetapi butuh katerampilan dan teknik yang baik agar dapat menungganginya jika tidak penunnggang kuda akan mendapatkan cidera yang serius. Selain itu mengendarai kuda bukanlah sekedar duduk tetapi harus pandai menguasai  kuda posisi duduk juga harus benar serta tahu bagaimana memegang tali kendali kuda.

Berolahraga kuda terbilang olahraga yang cukup ektrim, namun olahraga ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan baik fisik ataupun mental. Berikuta manfaat yang didapatkan saat berolahraga kuda:

Manfaat Olahraga Berkuda Bagi Kesehatan

1.Meningkatkan kekuatan otot

Saat menunggang kuda kondisi tubuh akan aktif bergerak mengikuti gerakan kuda yang secara otomatis otot-otot sendi dan tulang merespon gerakan tersebut sehingga lama kelamaan otot akan kuat.

2.Meningkatkan akselerasi reflek tubuh

Tubuh yang sering dilatih secara rutin akan meningkatkan reflek tubuh, secara spontan reflek tubuh menjadi meningkat,.keadaan ini sangat membantu kita dalam menghadapi situasi saat akan terjatuh pada saat menunggang kuda.

3.Mencegah kram otot

Mengapa sering terjadi kram setelah ketika pertama kali olahraga? Kram terjadi karena kondisi otot yang lemah akibat jarang berolahraga dipaksakan melakukan aktivitas yang menunjang gerak otot, pergerakan otot yang secara spontan itulah yang menyebabkan otot menjadi kram. Menunggang kuda adalah cara mencegah kram otot karena pergerakan saat mengendarai kuda membuat otot otot terbiasa bergerak sehingga resiko kram otot menjadi sangat kecil.

4.Meningkatkan pergerakan tulang sendi

Pergerakan tulang sendi bias ditingkatkan apabila secara rutin melakukan olahraga salah satunya menunggang kuda. Menunggang kuda dipercaya dapat meningkatkan pergerakan tulang sendi yang lamban.

5.Meningkatkan system kardiovaskular

Kardiovaskular merupakan sejenis  penyakit yang menghambat pembuluh darah, semacam endapan yang mengarah pada jatung yang bias menimbulkan resiko penyakit jantung. Sama seperti manfaat lari, menunggang kuda juga dapat meningkatkan system kardiovaskular.

6.Meningkatkan sirkulasi darah

Layaknya ruangan yang tidak mempunyai fentilasi, keadaan di dalam ruangan akan pengap sehingga sulit untuk seseoran mendapatkan udara. Darah juga memerlukan yang namanya sirkulasi agar perjalanan darah stabil, untuk meningkatkan sirkulasi darah Anda bias mencoba melakukan olahraga kuda ini.

7.Menstimulasi integrasi sensor

Berolahraga dengan cara menunggang kuda memiliki manfaat yang sangat mengejutkan yaitu dapat menstimulasi integrasi sensor yang pastinya juga berdampak baik bagi kesehatan.

8.Meningkatkan penglihatan sehingga meluas

Meningkatkan penglihatan bukan hanya di dapat dari berbagai makanan yang mengandung vitamin saja, mengendarai kuda ternyata dapat meningkatkan penglihatan. Pergerakan saat menunggang kuda membuat semua otot tubuh bergerak tidak terkecuali otot mata, dengan otot mata yang sehat sudah pasti mata juga akan sehat sehingga penglihatan pun semakin meningkat.

Manfaat lainnya dari menunggang kuda selain yang disebutkan tadi adalah mampu membakar 5 kalori permenit. Bias dibayangkan bukan jika kita melakukannya secar rutin minimal 30 samapi 1 jam akan membakar  banyak kalori. Menurut penelitian menunggang kuda dikatakan dapat membantu fungsi kerja liver pencernaan.

 

Sumber : sahadsantosa.wordpress.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.