Ini Rekomendasi Olahraga yang Aman Saat Puasa

0
211

TNews, KESEHATAN – Tak terasa bulan suci Ramadan hampir tiba. Ini artinya sebentar lagi umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Sama seperti tahun lalu, menjalani puasa di tengah pandemi tentunya terasa berbeda karena harus memastikan daya tahan tubuh terjaga. Saat ini, menjaga daya tahan tubuh memang jadi suatu keharusan, meskipun saat puasa sekali pun. Pasalnya, di tengah pandemi saat ini, virus dan bakteri dapat menyebar kapan dan di mana saja. Selain menerapkan pola makan sehat, menjaga kesehatan tubuh dengan tetap berolahraga juga jadi hal penting.

Namun, bolehkah berolahraga saat sedang puasa? Melansir The Fasting Method, melakukan olahraga saat puasa sebenarnya boleh-boleh saja karena tubuh memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan hal tersebut. Pada dasarnya, tubuh memiliki simpanan glikogen yang cukup hingga lebih dari 24 jam pada hari biasa. Saat berpuasa, tubuh akan menghabiskan banyak gula yang tersimpan (glikogen) sebagai energi. Dan jika kamu berolahraga sambil berpuasa, tubuh akan mulai membakar energi dari makanan yang disimpan, yaitu gula dan lemak.

Meskipun olahraga boleh dilakukan selama puasa, tapi ada baiknya untuk melakukan olahraga yang aman dan ringan saja. Melansir Healthline, berikut tiga olahraga yang aman dilakukan saat puasa.

  1. Jalan Santai

Selama puasa, berjalan kaki bisa jadi opsi olahraga yang tepat. Pasalnya olahraga ini tidak memerlukan banyak energi seperti lari atau bersepeda. Kamu bisa berjalan kaki santai selama 30-60 menit di dalam rumah, halaman atau sekitar komplek.

  1. Yoga

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan saat puasa adalah yoga. Namun, pastikan kamu melakukannya dengan intensitas ringan. Tak hanya membuat sehat, yoga juga membuat pikiran menjadi tenang dan rileks.

  1. Pilates

Sama seperti yoga, pilates juga bisa jadi pilihan olahraga saat puasa. Mengingat keduanya membutuhkan pernapasan panjang sehingga tak banyak mengeluarkan energi dan memicu lapar. Bahkan, pilates juga cocok bagi kamu yang ingin memperbaiki postur tubuh.

  1. Jogging

Bagi kamu yang ingin olahraga dengan intensitas sedang, jogging bisa jadi pilihan. Lakukanlah jogging selama 30-45 menit tentunya dengan kecepatan yang ringan. Dengan begitu, kamu tidak akan cepat lelah atau merasa lapar.

  1. Bersepeda

Bersepeda juga bisa jadi aktivitas yang dapat dilakukan saat puasa. Namun, pastikan kamu melakukannya dengan intensitas ringan dan medan yang tidak menanjak. Selain itu, hindari juga bersepeda terlalu lama yang dapat menyebabkan energi terkuras. Nah, itu lah beberapa olahraga yang cocok dilakukan selama puasa. Sebaiknya lakukan olahraga sebelum matahari terbenam atau menjelang berbuka dan hindari olahraga di siang hari.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.