Kisah Sang Raja Muay Thai Rodtang, Biksu Yang Masuk Islam Jelang Bulan Ramadan

0
575
Sang Raja Muay Thai Rodtang Jitmuangnon

TNews, OLAHRAGA – Mendengar nama Rodtang Jitmuangnon, seorang atlet MMA asal Thailand yang dijuluki Ironman, mungkin tak asing lagi di telinga para penggemar MMA One Championship.

Baru-baru ini Sang Raja Muay Thai itu, tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya, Rodtang yang diketahui adalah seorang biksu, dikabarkan telah memeluk agama Islam.

Ia memeluk agama Islam satu bulan menjelang bulan Ramadam 1444 H, karena menikah dengan seorang wanita muslimah.

Petarung One Championship itu pun kini menjadi mualaf. Terlihat istri sang Raja Muay Thai mengenakan hijab dan berbusana muslim.

Menariknya lagi, Istri Rodtang juga merupakan seorang petarung Muay Thai yang sukses. Dia adalah Aida Looksaikongdin, petarung MMA Wanita asal Thailand. Aida berada di peringkat ke 6 flyweight WMO.

Aida Looksaikongdin telah berkompetisi untuk Thai Fight dan RWS. Ia memang tidak setenar kakaknya, Duangdawnoi Looksaikongdin, yang merupakan mantan juara dunia WPMF dan WMO.

Aida Looksaikongdin

Setelah foto-foto pernikahan pria 25 tahun tersebut viral di Instagram, Rodtang langsung memberikan klarifikasi melalui Instagram Live. “Aku juga ingin mengklarifikasi, dia beragama muslim sekarang, dia menjadi muslim sesungguhnya,” kata interpreter.

“Dia sudah mengucap syahadat dan menjadi muslim,” tambahnya.

Lantas siapa sebenarnya Rodtang Jitmuangnon hingga membuat jagad maya heboh? Berikut profilnya!

Biodata Singkat Rodtang Jitmuangnon

Nama lengkap: Tinnakorn Srisawat
Nama arena: Rodtang Jitmuangnon
Nama panggilan: Rodtang
Julukan: The Iron Man, Rahang Baja
Tempat lahir: Pattalung, Thailand
Tanggal lahir: 23 Juli 1997
Kewarganegaraan: Thailand
Tinggi: 168 cm
Tim: Jitmuangnon atau Yokkao.

Prestasi Rodtang dari Thailand

Memiliki nama panjang Rodtang Jitmuangnon merupakan petarung profesional dari cabang bela diri Muay Thai. Tercatat, pria kelahiran 1997 tersebut telah melakoni 300 laga selama berkarier sebagai atlet One Championship.

Selain julukan Raja Muay Thai, lelaki yang memiliki nama asli Tinnakorn Srisawat ini juga mendapatkan julukan The Iron Man sebab tubuhnya yang sekuat besi.

Sebagai atlet yang memiliki reputasi yang tak kalah mentereng, Rodtang tercatat menggaet banyak sekali prestasi. Rodtang pernah didapuk sebagai Juara Dunia ONE Flyweight Muay Thai.

Selain itu, dirinya menjuarai Omnoi Stadium 130lb dan Juara MAX Muay Thai 125lb. Desember 2020 kemarin, pria kelahiran Pattalung tersebut mendapatkan pengakuan dari The Nation sebagai petarung Muay Thai pound-for-pound terbaik di dunia.

Karier muay thai Rodtang telah tampak saat ia masih berusia 8 tahun. Di usianya yang menginjak ke 14, Rodtang pindah ke Bangkok dan bergabung dengan sasana Jitmuangnon.

Di awal tahun 2016, tepatnya pada 2 Januari, raja muay thai tersebut merasakan kemenangan pertamanya. Waktu itu, Rodtang melawan Petchprakan Kor.

Penulis : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.