Perlu Dihindari: 6 Kesalahan Saat Berolahraga yang Wajib Kamu Ketahui

0
57
Ilustrasi 7 cara membangun otot lengan dengan latihan kekuatan.

TNews, OLAHRAGA – Berolahraga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang saat berolahraga. Jika tidak dihindari, kesalahan tersebut dapat mengganggu efektivitas latihan dan bahkan dapat membahayakan kesehatan.

Berbagai Kesalahan yang Mungkin Dilakukan saat Berolahraga

Berikut ini berbagai kesalahan saat berolahraga yang mungkin tanpa sadar pernah Kamu lakukan:

  1. Teknik yang salah

Sebelum memulai olahraga, penting untuk mempelajari teknik yang tepat terlebih dahulu, termasuk ketika Kamu melakukan olahraga di Gym. Selain menghambatmu mencapai target, melakukan teknik olahraga yang salah juga akan meningkatkan risiko Kamu mengalami cedera.

  1. Berolahraga secara berlebihan

Olahraga yang berlebihan justru dapat membuatmu kelelahan, meningkatkan risiko cedera otot, bahkan bisa menghambat ovulasi. Durasi olahraga yang ideal adalah 150–250 menit per minggu atau 20–35 menit per hari. Jangan lupa juga untuk tetap konsisten berolahraga agar hasilnya maksimal.

  1. Jenis olahraga yang tidak bervariasi

Melakukan olahraga yang itu-itu saja, bisa membuatmu lebih cepat bosan. Bisa-bisa, Kamu menjadi tidak konsisten berolahraga, sehingga tak kunjung mencapai target berat badan atau bentuk tubuh yang diinginkan. Jadi, coba deh variasikan olahraga setiap beberapa waktu sekali.

  1. Tidak memerhatikan makanan yang dikonsumsi

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi menjadi hal yang tidak kalah penting untuk mencapai targetmu saat berolahraga, lho. Kamu juga bisa menyesuaikan makanan dengan tujuanmu melakukan olahraga. Coba hitung jumlah kalori yang Kamu butuhkan untuk menambah atau mengurangi berat badan.

  1. Kurang istirahat

Setelah melakukan olahraga berat selama beberapa hari, jangan lupa untuk memberikan tubuhmu istirahat sejenak. Ini diperlukan untuk mengistiratkan sel-sel otot agar tubuh lebih segar dan siap untuk melakukan olahraga yang akan datang.

Kamu juga bisa mengisi waktu istirahat dengan melakukan olahraga ringan yang banyak melibatkan peregangan otot, seperti renang atau yoga.

  1. Target yang berlebihan

Membuat target yang berlebihan justru akan membuatmu frustrasi dan enggan berolahraga. Buatlah target yang sesuai dengan kemampuan, gaya hidup, dan komitmenmu sendiri.

Manfaat olahraga bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, pastikan Kamu menghindari kesalahan berolahraga di atas agar bisa terhindar dari cedera dan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.*

Sumber: alodokter.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.