Sebelum Olahraga Pagi, Alangkah Baiknya Lakukan Ini

0
2122

TNews, OLAHRAGA – Kebanyakan orang mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika hendak melakukan olahraga. Tanpa disadari, rupanya ada dua hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai olahraga. Apa itu?

Disebutkan spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, saat hendak melakukan olahraga pagi, yang perlu diperhatikan pertama kali adalah kesiapan diri. Orang yang ingin berolahraga tersebut harus menyelesaikan buang air kecil terlebih dahulu.

“Bilamana kantung kemih dalam keadaan penuh, tentu membuat olahraga itu menjadi tidak nyaman dan bahkan dapat menimbulkan kerepotan karena harus mencari-cari tempat buang air kecil,” ujar dokter yang berpraktik di Klinik Slim and ealth RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta.

Berikutnya, kata dr Michael, yang harus diperhatikan juga adalah buang air besar. Seperti diketahui saat berolahraga tubuh dalam keadaan siaga dan itu akan merangsang saraf-saraf simpatis untuk bekerja lebih dominan dibandingkan dengan saraf parasimpatis.

Nah, dengan aktifnya atau dominasi dari saraf simpatis, akan membuat otot-otot panca indera menjadi lebih siaga sehingga akan mengurangi aliran darah ke organ-organ dalam. Hal inilah yang biasanya akan membuat seseorang mengalami kesulitan buang air besar setelah berolahraga.

“Karena itu perlu menunggu waktu yang lebih lama sebelum mampu untuk buang air besar lagi, dan ini tentunya menjadi panjang dan terkadang menyebabkan yang bersangkutan selama satu hari penuh tadi tidak buang air besar,” imbuh dr Michael.

“Tentunya hal ini membuat perut juga tidak nyaman dan akan membuat terasa penuh. Sehingga pada hari itu yang bersangkutan bekerja dengan kondisi yang tidak nyaman,” imbuhnya lagi

Namun sebaliknya, bila menuntaskan buang air kecil dan buang air besar sebelum berolahraga maka perut terasa nyaman selama berolahraga karena tidak terganggu dengan perut yang penuh. “Setelah berolahraga pun tidak perlu harus mencari kamar kecil ataupun mencari waktu untuk buang air besar karena tertunda di pagi harinya,” pungkas dr Michael.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.