Setelah SEA Games, Timnas Dayung Indonesia Berambisi Raih 2 Emas di Asian Games 2023

0
25
Gambar : Setelah SEA Games, Timnas Dayung Indonesia berambisi raih 2 Emas di Asian Games 2023. (foto: detik)

TNews, OLAHRAGA – Timnas Dayung Indonesia berhasil memboyong 3 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu dari 8 nomor yang dilombakan pada SEA Games 2023 Kamboja. Asian Games 2023 kini ditatap.

Ketiga medali emas itu berasal dari nomor Traditonal Boat Race (TBR), yang merupakan nomor resmi yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2023 Hangzhou, China yang akan berlangsung 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Manajer Timnas Dayung Indonesia, Edy Suyono, mengatakan keberhasilan meraih 3 emas dari SEA Games 2023 Kamboja itu tidak terlepas dari peran Deputi 2 Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Ibnu Riza Pradipto, Diana Sutrisno selaku Cluster Manager Shianoukville, dan Rafif Risqullah yang menjabat sebagai Cluster Manager Kepp dan Kampot.

“Kunci sukses meraih 3 emas dari nomor yang akan dipertandingkan pada SEA Games 2023 ini tidak terlepas dari dukungan dari Deputi 2 CdM dan juga Cluster Manager. Mereka selalu melekat dengan Timnas Dayung dan seluruh kebutuhan untuk penunjang atlet tampil maksimal terpenuhi. Saya boleh bilang mereka bekerja Nothing to Lose,” kata Edy Suyono dalam keterangan pers.

Secara terus terang, Edy mengaku mendapatkan pelayanan luar biasa dari Deputi 2 CdM dan timnya yang tinggal satu hotel. Apalagi, 3 masseur tambahan dengan peralatan yang lengkap yang ikut mendampingi Timnas Dayung Indonesia selama pertandingan.

Untuk itu, Edy Suyono yang juga menjabat sebagai Sekjen Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) ini meminta Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mempertahankan keberadaan Ibnu Riza Pradipto dan timnya pada saat Timnas Dayung Indonesia tampil di Asian Games 2023 Hangzou. Apalagi, Timnas Dayung Indonesia mengincar target 2 medali emas pada nomor Traditional Boat Race tersebut.

“Target kita memang 2 medali emas dari Traditional Boat Race di Asian Games 2023 Hangzhou. Dan, kita berharap Cluster Manager SEA Games 2023 Kamboja bisa mendampingi Timnas Dayung di Hangzhou nanti. Apalagi, kita sudah langsung memulai pemusatan latihan nasional (pelatnas) dan hanya meliburkan atlet sehari saja,” jelas Edy.

Pada SEA Games 2023 Kamboja, Indonesia meraih 3 emas dari 12 Crew U 24 Man 250M, 12 Crew Open Man 500 M dan 12 Crew Open Men 800M. Sedangkan di Asian Games 2023 Hangzhou dipertandingkan 12 Crew Open Man 200M, 12 Crew Open Man 500 M dan 12 Crew Open Men 1000M.

Bukan hanya Edy Suyono yang mengakui pelayanan Deputi 2 CdM dan timnya. Tetapi, pengakuan serupa juga dilontarkan Manajer Timnas Jetski Indonesia yang juga Ketua Umum Indonesia Jetsports Boating Association (IJBA), Saiful Sutan Aswar. Timnas Jetski Indonesia meraih 1 emas dan 2 perunggu pada SEA Games 2023 Kamboja.

“Saya merasakan pelayanan Deputi 2 CdM dan Cluster Manager sangat luar biasa. Seluruh kebutuhan atlet terpenuhi dan kita hanya konsentrasi dengan perlombaan saja. Kegagalan kita memenuhi target 2 medali emas karena boatnya mengalami kerusakan,” kata Fully, panggilan akrabnya.

“Ya, kita memang men-support penuh seluruh kebutuhan atlet sehingga mereka bisa fokus dalam lomba. Itu sesuai dengan tugas yang diberikan Pak CdM Lexyndo Hakim dan Pak Deputi 2 CdM, Ibnu Riza Pradipto. Dan, kami senang menjadi bagian dari kesuksesan Kontingen Indonesia yang menduduki peringkat ketiga dengan mengoleksi 87 emas melebihi target yang diinginkan Presiden Jokowi,” timpal Cluster Manager Kepp dan Kampot, Rafif Rizqullah yang mengaku senang menjadi bagian dari Kontingen Indonesia.

“Ya, kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, Menpora Dito Ariotedjo, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dan jajarannya, CdM Lexyndo Hakim dan seluruh Cluster Manager yang telah memberikan kepercayaan, support dan berjuang bersama dalam mencapai prestasi dan melampaui target medali emas di SEA Games 2023 Kamboja,” timpal Ibnu Riza Pradipto.*

Sumber : Sport.detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.