Tips Agar Tidak Gampang Cedera Ketika Berolahraga

0
56
Ilustrasi Cedera. Foto (titiknol)

TNews, OLAHRAGA – Berolahraga, selain membantu tubuh agar tetap sehat dan fit juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika dilakukan dengan benar, olahraga sangat baik untuk membentuk otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun jika tidak berhati-hati, kamu bisa mengalami cedera. Simak tips dari pakar kesehatan olahraga, dr Carmen SY Jahja, tentang cara mencegah terjadinya cedera saat berolahraga berikut ini.

Pemanasan sebelum berolahraga mampu membantu menyiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas yang berat. Otot-otot yang menjadi lemas pada saat melakukan pemanasan dapat membantu sirkulasi darah menjadi lancar dan mencegah terjadi cedera.

Pendinginan setelah olahraga penting untuk dilakukan agar menurunkan kembali detak jantung menjadi normal. Pemanasan dan pendinginan masing-masing dapat dilakukan selama 5-10 menit.

Setiap jenis olahraga memiliki perlengkapan yang berbeda. Pakaian olahraga harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang dipilih. Sepatu yang digunakan untuk berlari tentu tidak sama dengan yang digunakan untuk bermain bola. Pakailah baju yang nyaman dan sepatu yang tepat agar terhindar dari cedera saat berolahraga.

Memenuhi nutrisi sebelum berolahraga sangat penting untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar saat berolahraga. Kurangnya asupan gizi pada saat berolahraga mampu menurunkan tingkat konsentrasi sehingga meningkatkan resiko terjadinya cedera. Siapkan air minum setiap berolahraga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Tentukan durasi sebelum memulai untuk berolahraga. Selalu perhatikan kondisi tubuh sebelum memulai berolahraga. Terlalu memaksakan diri dapat membuat tubuh menjadi lelah dan memicu terjadinya cedera. Jika sudah merasakan sesuatu yang aneh, segeralah beristirahat.

 

Sumber : detik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.