7 Beasiswa Dalam Negeri 2022 Jenjang D3 dan S1

0
184

TNews, PENDIDIKAN – Beasiswa dalam negeri berikut di antaranya sudah membuka pendaftaran sejak awal 2022. Sementara itu, beberapa program beasiswa biasanya mulai membuka pendaftaran mulai Februari-Mei. Sebelum pendaftaran dibuka, cek dulu daftar program beasiswa dalam negeri berikut dan siapkan syaratnya.

Beasiswa Dalam Negeri
1. Beasiswa Quipper Scholarship Award 2022
Quipper sedang membuka pendaftaran beasiswa Quipper Scholarship Award (QSA) 2022 hingga 18 Maret 2022. Beasiswa Quipper terbagi atas partial scholarship (beasiswa sebagian) hingga full scholarship (beasiswa penuh). Pada 2021, beasiswa ini disalurkan pada 993 siswa yang lolos seleksi.

Syarat umum beasiswa Quipper 2022:

– Mengisi form registrasi Quipper Scholarship Award 2022.
– Cantumkan alamat email aktif. Informasi mengenai proses seleksi hingga pengumuman akan dikirimkan melalui email setelah pendaftaran ditutup.
– Mengikuti tes online di Quipper.
Sejumlah syarat khusus juga ditetapkan masing-masing kampus. Kampus yang berpartisipasi dalam beasiswa Quipper antara lain Telkom University, Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT PLN), PPM School of Management, Universitas Paramadina, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Universitas Kristen Maranatha, dan Indonesia Banking School (IBS).

Selengkapnya tentang beasiswa Quipper bisa diakses di sini .

2. Beasiswa Astra
Pendaftaran Beasiswa Astra sedang buka hingga tanggal 6 Februari 2022 untuk calon mahasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2022/2023. Beasiswa dibuka untuk alumnus dan siswa SMA/SMK/MA sederajat semua jurusan.

Penerima Beasiswa Astra berhak mendapat bebas biaya sumbangan pendidikan dan uang kuliah selama 3 tahun, dan uang saku bulanan yang ditentukan Direktur Politeknik Astra. Evaluasi prestasi akademik dilaksanakan berkala tiap semester untuk menentukan kelanjutan atau pemberhentian pemberian beasiswa sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat beasiswa Astra:

– Warga negara Republik Indonesia
– Lulusan SMA/SMK/SMA sederajat di seluruh jurusan tahun 2021 atau saat ini sedang berada di kelas XII, dibuktikan dengan ijazah saat registrasi
– Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna
– Nilai minimal untuk mata pelajaran matematika, fisika, dan bahasa Inggris adalah 75 atau B pada semester I-IV (kelas X dan XI)
– Diprioritaskan bagi keluarga dengan penghasilan Rp 5 juta per bulan.
Selengkapnya tentang beasiswa Astra 2022 bisa diakses di sini .

3. Bantuan Pendidikan KIP Kuliah
Bantuan Pendidikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah beasiswa pemerintah Indonesia untuk melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). KIP Kuliah mencakup biaya pendidikan di perguruan tinggi dan subsidi biaya hidup sesuai pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.

Syarat peneriman bantuan KIP Kuliah:

– Siswa SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya
– Punya potensi akademik yang baik, namun mengalami keterbatasan ekonomi yang dapat dibuktikan dengan dokumen
– Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi – dan diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) di program studi yang sudah terakreditasi.
– Keterbatasan ekonomi dapat dibuktikan dengan:
Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP)
Berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH)
Mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
Berasal dari panti asuhan
Berasal dari keluarga yang termasuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori empat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.
Apabila calon penerima tidak memenuhi salah satu syarat di atas, maka tetap bisa mendaftar asal pendapatan orang tua/wali maksimal Rp 4 juta tiap bulan atau pendapatan kotor tabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750 ribu.

Tahun lalu, periode pendaftaran akun beasiswa KIP Kuliah dibuka mulai 8 Februari 2021. Calon penerima KIP Kuliah bisa mengikuti berbagai jalur masuk perguruan tinggi, di antaranya yakni SNMPTN, UTBK-SBMPTN, serta seleksi mandiri PTN dan PTS. Kabar terbaru KIP Kuliah bisa dipantau di detikEdu dan di laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ .

4. Beasiswa Aperti BUMN
Beasiswa Aperti BUMN diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN). Pada 2021, pendaftaran beasiswa kuliah ini dibuka pertengahan bulan Juni.

Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa penuh 100% selama masa studi di perguruan tinggi yang dipilih..

Persyaratan umum beasiswa Aperti BUMN:

– Siswa SMA/SMK/MA Lulusan Tahun 2020 dan 2021
– Melampirkan nilai rapor semester 1 s.d 5
– Melampirkan sertifikat jika ada
– Berkas pendaftaran di unggah secara online pada Website Perguruan Tinggi yang dipilih
– Peserta hanya boleh memilih 1 tujuan Perguruan Tinggi

Beasiswa Aperti BUMN sebelumnya dibuka untuk kuliah S1 dan Diploma pada perguruan tinggi di bawah naungan Aperti BUMN, yaitu Universitas Pertamina (UP), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Telkom University (Tel-U), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi Perushaan Listrik Negara (IT-PLN), Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute, dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

5. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1 Reguler mencakup bantuan uang kuliah, uang praktikum, uang buku, pembinaan mahasiswa, biaya hidup, bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi, pelatihan capacity building, dan pertemuan Sobat Bumi.

Persyaratan beasiswa Pertamina S1 Reguler:

– Mahasiswa S1 aktif minimal sedang menempuh semester II
– IP atau IPK sampai semester II adalah ≥ 3,0 skala 4
– Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
– Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
– Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/ narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnya
– Membuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5
– Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation
Selengkapnya tentang beasiswa Pertamina bisa dipantau di sini .

6. Beasiswa LPDP
Beasiswa LPDP dibuka dalam program beasiswa umum, afirmasi, dan targeted. Sejumlah dokumen yang umumnya disyaratkan di beasiswa LPDP yaitu:

– KTP
– Ijazah S1/S2
– SKL Transkrip nilai S1/S2
– Sertifikat bahasa asing
– Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi dan prodi yang dipilih
– Surat Pernyataan sesuai format LPDP
– Surat rekomendasi dari akademisi/atasan di tempat kerja
– Surat izin mengikuti seleksi dari perusahaan/instansi (bagi yang sudah bekerja).
Selengkapnya tentang beasiswa LPDP bisa dilihat di sini .

7. Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Syarat Beasiswa Unggulan S1:

– Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/non akademik tingkat internasional dan/atau nasional
– Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait
– Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain
– Diterima pada Perguruan Tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi B/Sangat Baik
– Memiliki usia paling tinggi 22 tahun bagi mahasiswa baru atau paling tinggi 23 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan
– Mengisi nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa lulusan dalam negeri
– Bagi mahasiswa pada jenjang pendidikan S1 yang sedang menempuh perkuliahan memiliki nilai IPK minimal 3.25 pada skala 4.00
– Esai sesuai ketentuan

8. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa Teladan Tanoto Foundation ditujukan untuk mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program Teladan. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup bulanan hingga semester 8, kesempatan magang, sponsorship untuk ikut kompetisi, konferensi, dan pengembangan kepemimpinan, kesempatan hibah dana penelitian, dan lain-lain.

Syarat umum beasiswa Teladan:

– Warga Negara Indonesia (WNI)

– Terdaftar sebagai mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi – mitra Teladan

– Memiliki prestasi akademik yang baik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10)

– Memiliki prestasi non-akademik, pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya

– Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa

– Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah

– Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial dari pemerintah maupun lembaga lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program Teladan.

Beasiswa Tanoto ini dibuka untuk mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Riau (UNRI).

Tahun lalu, pendaftaran beasiswa Tanoto dibuka mulai 24 Agustus. Selengkapnya tentang beasiswa Tanoto bisa dilihat di sini.

Sumber : detikEDU.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.