Bupati Boltim Beri Kuliah Umum di IAIA KK

0
132

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Insitut Agama Islam Azmi (IAIA) Kota Kotamobagu (KK), menggelar kuliah umum Kamis (16/02) pukul 10.00 Wita, di auditorium Rektorat, bertempat di Jln. Jhony Suhodo, Kelurahan Kotobangon.

Kegiatan yang dihadiri pemerintah setempat bersama mahasiswa, dan orang tua mahasiswa tersebut,  menghadirkan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar SH, sebagai pemateri tunggal.

Sebelum kegiatan kuliah umum, terlebih dahulu dilaksanakan pembacaan do’a yang dibawakan oleh Ustadz Alie Anthonie S Ag, sebagai Dekan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIA Kotamobagu. Selanjutnya laporan  Ketua Panitia, yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, DR chan Muliadi Mokodompit M Si.

Rektor IAIA Kotamobagu, Drs Hi Muh Anthon Mamonto MA dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Boltim, yang telah meluangkan waktu untuk berbagai ilmu di kampus tersebut.

“Terima kasih kepada Bupati Boltim, Bapak Sehan Salim Landar SH. Kehadiran bapak menjadi motivasi bagi kami. Juga tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada GM JRBM, Pembina, Ketua Yayasan Pendidikan Al-Fath Kotamobagu, serta Ketua Senat, Panitia dan seluruh yang terlibat, sehingga kegiatan kuliah umum ini bisa terselenggara dengan baik,” tutur Anthon.

Sementara itu, General Manager (GM) Jeresources Bolaang Mongondow (JRBM), yang diwakili Kisman Paputungan, dalam sambutannya sangat mensupport IAIA Kotamobagu, sebagai satu-satunya institut swasta di Propinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami akan siap membantu kampus ini. Untuk itu kami berharap dalam waktu dekat akan diadakan pertemuan antara pihak IAIA Kotamobagu dengan JRBM, untuk membicarakan hal-hal tentang pengembangan kampus yang sama-sama kita cintai ini,” ujar Kisman dalam sambutannya.

Dipandu  Ketua IMM Pusat, Taufan Putra Revolusi Korompot SE, sebagai moderator, kuliah umum yang mengangkat tema “Meningkatkan Sumber Daya Manusia warga BMR, sebagai Kunci Menuju Terwujudnya Provinsi Bolaang Mongondow Raya”,  diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh antusias.

Sehan dalam kuliah umum tersebut, menekankan kepada mahasiswa khususnya, tentang dua hal yakni moral dan etika.

“Pendidikan bukan hanya tentang pintar, tapi berkaitan dengan bagaimana kita belajar, tahu dan paham,” ujar Bupati dengan gaya khasnya yang diplomatis dan interaktif.

Disamping itu, kepada para peserta,  Sehan mengingatkan untuk tetap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan bagaimana cara untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air.

“Stabilitas negeri kita dalam keadaan yang  awas, untuk itu, mari kita pegang kokoh Pancasila sebagai falsafah bangsa ini,” tegas Sehan.

Pantauan, kedatangan Bupati Boltim ke Kampus IAIA Kotamobagu, disambut dengan itum-itum (Doa secara adat) langsung oleh O A Paluda (Aki Papa Hamdan),  Ketua Adat Boltim. Bupati dalam sambutannya sangat mengapresiasi keberadaan IAIA Kotamobagu, dan berjanji akan mengarahkan putera dan puteri Boltim, untuk melanjutkan pendidikan di kampus tersebut. Sehan juga akan siap mengalokasikan Rp. 2,5 Miliar dan 10 Hektar lahan untuk pembangunan kampus itu.

Dalam kesempata itu juga, Bupati Boltim, meletakkan batu pertama, pembangunan penambahan ruang kelas, di belakang Kantor Rektorat IAIA Kotamobagu.

Tutur hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Amabom Raya, Drs Zainul A Lantong, Eksternal Manager PT JRBM, Kisman Paputungan SH, Pembina Yayasan Al-Fath Kotamobagu, Suriadi Baso SP ME, Ketua Yayasan Al-Fath Kotamobagu, Hidayat Mokoagow SH MM, Ketua Senat Haris T Podomi S Pd MM, Ketua DPP IMM, Taufan Putera Revolusi Korompot SE, Bendaraha Yayasan, Djena Lomamay, Para Dosen dan Mahasiswa, sejumlah Kepala-kepala sekolah MI, SMP dan SMA/SMK,  Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Imam dan Pegawai Syar’i setempat, serta siswa-siswi kelas XII SMA dan SMK di Kota Kotamobagu. (mtg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.