Capai Ratusan Juta Rupiah, Ini dia Jurusan Kuliah dengan Biaya yang Fantastis

0
56

TNews, PENDIDIKAN – Dalam memilih jurusan kuliah hal yang harus dipertimbangkan adalah biaya studi. Biasanya rincian biaya kuliah mulai dari Uang Kuliah Tunggal (UKT), uang gedung, praktikum, dan biaya lainnya. tiap perguruan tinggi memiliki skema yang berbeda dalam menentukan komponen biaya tersebut.

Ada beberapa jurusan kuliah dengan biaya kuliah fantastis. Misalnya saja jurusan Kedokteran dan jurusan Teknik. Selain itu, jurusan kuliah apa yang dikenal mahal? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Universitas Pasundan:

  1. Kedokteran

Di Indonesia, jurusan kedokteran merupakan jurusan dengan biaya termahal pertama. Di berbagai PTN maupun PTS jurusan ini memiliki uang gedung hingga ratusan juta. Misalnya di Universitas Airlangga, untuk Uang Kuliah Awal (UKA) Minimal jurusan Kedokteran bisa mencapai Rp 99 juta.

Sementara tiap semesternya mahasiswa kedokteran harus membayar UKT sebesar Rp 10 juta – Rp 20 juta di tiap PTN.

Mahasiswa Kedokteran memiliki mata kuliah praktikum. Ketika praktikum dan bedah atonomi saja, mahasiswa kedokteran harus menggunakan kadaver (mayat) yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Ada juga alat lain yang hanya bisa digunakan sekali pakai, seperti jarum suntik.

  1. Aviasi/ Penerbangan

Jurusan kuliah dengan biaya mahal kedua adalah penerbangan (Aviasi). Salah satu prospek kerja dari jurusan aviasi adalah menjadi pilot. Uang kuliah di perguruan aviasi dapat mencapai angka Rp 500-800 juta.

Selama masa pendidikan, mahasiswa akan menjalani beberapa simulasi penerbangan dengan sertifikasi yang dananya cukup besar. Walaupun menjadi jurusan dengan biaya mahal, jurusan ini tetap ramai peminat karena memiliki prospek kerja yang bagus.

  1. Teknik

Jurusan Teknik juga termasuk jurusan kuliah termahal. Besaran biaya jurusan teknik tergantuk jalur seleksi yang dimiliki tiap mahasiswa. Jika mahasiswa tersebut masuk dengan jalur mandiri maka biaya kuliahnya akan lebih mahal dari jalur SNMPTN atau UTBK-SBMPTN.

Di beberapa PTN, khususnya PTN Badan Hukum (PTN-BH), mahasiswa jalur mandiri juga diharuskan untuk membayar uang kuliah awal atau biaya sumbangan di luar biaya semesteran. Selain itu, biaya praktik di jurusan teknik juga dikenal mahal. Peralatan yang digunakan saja terbilang mahal.

Walaupun memiliki biaya kuliah yang mahal, lulusan jurusan teknik memiliki prospek kerja yang menjanjikan lo detikers!

  1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jika dilihat dari biaya studinya jurusan DKV tidak terlalu mahal. Yang membuat jurusan ini terlihat mahal adalah alat-alat pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum.

Saat mempelajari animasi, web desain, desain interaktif, ilustrasi, dan lain sebagainya tentu membutuhkan laptop dengan spek yang memadai. Ada juga peralatan seperti sketchbook, pensil graft, pen tablet, printer, dan peralatan lain yang harganya tidak murah.

  1. Broadcasting

Senada dengan jurusan DKV, jurusan broadcasting juga memerlukan peralatan yang memadai untuk menunjang perkuliahan. Hal ini dikarenakan para mahasiswanya perlu memiliki peralatan pribadi seperti kamera, microphone, tripod, serta komputer dengan spek yang mendukung.

Demikianlah deretan jurusan kuliah termahal di Indonesia. Walaupun begitu jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang cerah serta tidak sepi peminat.

Sumber : detikEdu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.