Dana BOP untuk PAUD Segera Cair

0
10377
Dana BOP untuk PAUD Segera Cair

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), akan segera dicairkan. Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), melalui Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan PNF, Masni Mamonto S Pd, kepada TOTABUANEWS.COM di ruang kerjanya, Rabu (22/06/2016).
“Kemungkinan besar dalam pekan ini, seluruh pimpinan lembaga PAUD dan Pendidikan Non Formal, akan ke DPPKAD untuk menandatangani surat pernyataan. Ini kaitannya dengan pencairan dana BOP,” terang Masni.
Untuk BOP sendiri, kata Masni, di Kotamobagu terdapat 79 lembaga yang akan menerima dana tersebut.
“Dananya dihitung Rp600 ribu per siswa,” singkat Masni.
Diketahui, BOP merupakan Bantuan Operasional yang ditujukan kepada penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. BOP merupakan  program  pemerintah  untuk  membantu penyediaan pendanaan biaya operasioal non personalia bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan pemerintah kepada anak melalui Satuan  PAUD  atau Lembaga  untuk  mendukung  kegiatan operasional pembelajaran. Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 2 Tahun 2016.
Tujuan  pemberian  bantuan  BOP PAUD adalah untuk meningkatkan layanan  PAUD  berkualitas  dalam  bentuk  Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis di seluruh Kab/Kota di Indonesia yang diselenggarakan oleh individu, kelompok, yayasan, organisasi maupun pemerintah daerah di satuan PAUD  atau  Lembaga, satuan  pendidikan  PKBM,  SKB,  badan keagamaan,  dan  satuan pendidikan  nonformal  lainnya yang  sudah memiliki Nomor Pokok Satuan PAUD Nasional (NPSN).
Rhu Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.